Monday, 6 May 2024
HomeKabupaten BogorDiterjang Hujan Deras, BPBD Catat 4 Titik Longsor di Kabupaten Bogor

Diterjang Hujan Deras, BPBD Catat 4 Titik Longsor di Kabupaten Bogor

Bogordaily.net Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BDBD) mencatat sebanyak 4 titik terjadi di wilayah Kabupaten Bogor sejak Sabtu, 2 Maret 2024.

di wilayah Kabupaten Bogor di antaranya disebabkan hujan deras di wilayah tersebut yang mengguyur cukup lama sejak pagi hingga sore hari.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor M. Adam Hamdani mengatakan bahwa, hasil pemantauan kejadian bencana hari Sabtu, ada 4 kejadian tanah .

tersebut tersebar di lokasi berbeda yakni Kecamatan Rancabungur, Cigombong, Ciawi dan Megamendung,” kata M Adam Hamdani dalam keteranganya, Minggu 3 Maret 2024.

Adapun di Kecamatan Megamendung tanah yang membawa material bambu sehingga menutupi drainase dan jalan swadaya kampung.

Dengan rincian longsoran panjang kurang lebih 10 meter, lebar 7 meter dan tinggi 6 meter.

“Satu rumah warga rusak sedang dan 2 rumah terancam 2KK/ 7 jiwa mengungsi,” jelas Adam.

Kemudian di Kecamatan Cigombong tebingan yang berdekatan dengan rumah warga dengan rincian ukuran panjang sekitar 4 meter dan tinggi 6 meter.

“Berdampak satu rumah warga terancam,” ujarnya.

Selanjutnya, di Kecamatan Ciawi Tembok Penahan Tanah (TPT) dengan rincian ukuran panjang sekitar 10 meter, tinggi 4 meter dan lebar 3 meter tergerus .

“Satu rumah warga rusak berat, pondasi rumah retak-retak pada bagian dapur, kamar mandi dan teras rumah ambruk terbawa ,” imbuhnya.

Sementara itu di Kecamatan Megamendung tebingan akses jalan pada lingkungan warga dengan rincian ukuran panjang sekitar7 meter dan tinggi 1,5 meter tergerus longsor hingga terputus.

“Berdampak 5 KK/17 jiwa terisolir disebabkan oleh akses jalan yang terputus,” ungkap Adam.

“Untuk korban jiwa tidak ada,” tambahnya. (Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here