Monday, 29 April 2024
HomeBeritaJadwal Sidang Isbat Minggu 10 Maret : Penetapan Awal Ramadan 2024

Jadwal Sidang Isbat Minggu 10 Maret : Penetapan Awal Ramadan 2024

Bogordaily.net – Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan jadwal hari ini Minggu, 10 Maret 2024, pukul 17.00 WIB untuk penetapan awal .

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh Kemenag, akan berlangsung di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, yang terletak di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin menjelaskan bahwa penetapan awal Ramadan tahun ini akan diadakan secara daring dan luring.

Ini merupakan respons terhadap perkembangan teknologi yang memungkinkan partisipasi lebih luas dari berbagai pihak dalam proses ini.

ini merupakan salah satu layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah,” ujar Kamaruddin dalam keterangan resminya.

Tiga Tahapan dalam Proses

Dengan demikian, hari ini akan menjadi tonggak penting dalam menetapkan awal , di mana hasil penetapannya akan menjadi pedoman bagi umat Islam di seluruh Indonesia untuk memulai ibadah puasa.

1. Pemaparan Posisi Hilal

Tahap pertama, akan dilakukan pemaparan posisi hilal awal Ramadan berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi.

Pemaparan tersebut dilakukan oleh Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama mulai pukul 17.00 WIB.

Sesi ini terbuka untuk umum dan akan disiarkan secara live di channel Youtube Bimas Islam.

2. Penetapan Awal Ramadan

Selanjutnya, tahap kedua akan digelar secara tertutup setelah shalat maghrib dengan agenda penetapan awal Ramadan 1445 Hijriah.

Selain data hisab, sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatulhilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 134 lokasi di seluruh Indonesia.

3. Pengumuman Hasil Sidang Isbat

Tahap ketiga atau terakhir, Kemenag akan melakukan pengumuman melalui konferensi pers hasil sidang isbat yang menetapkan jatuhnya awal Ramadhan 2024.

Hasil sidang isbat penentuan awal Ramadhan ini juga akan disiarkan melalui media sosial Kemenag.

Dituliskan, sidang isbat akan melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, serta dihadiri para duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam.

Sidang juga akan melibatkan perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan lainnya.

“Kami juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir dalam sidang,” pungkas Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag Adib.

Demikian sidang isbat hari ini Minggu 10 Maret 2024 akan menjadi tonggak penting dalam menetapkan awal , di mana hasil penetapannya akan menjadi pedoman bagi umat Islam di seluruh Indonesia untuk memulai ibadah puasa.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here