Wednesday, 17 April 2024
HomeBeritaJurgen Klopp Hengkang dari liverpool, Siapa yang Pantas Menggantikannya ?

Jurgen Klopp Hengkang dari liverpool, Siapa yang Pantas Menggantikannya ?

Bogordaily.net – Jurgen Klopp berhasil menorehkan prestasi cemerlang di . Namun Jurgen Klopp memilih Hengkang di . Siapa yang layak mengantikan Klopp di .

Jürgen Norbert Klopp atau yang lebih dikenal dengan Jürgen Klopp merupakan pelatih sepakbola berkebangsaan Jerman. Saat ini, ia melatih dan sudah menorehkan banyak prestasi. Oktober 2015, Klopp memutuskan untuk melatih FC setelah memutuskan pergi dari klub asal Jerman, Dortmund. Dengan , Klopp sudah memenangkan semua piala yang bisa dimenangkan. Diawali dengan kesebelasan yang seadanya, Klopp mampu untuk mengembangkan hingga kembali kepada era jayanya.

Pada tanggal 25 Januari 2024, Klopp memutuskan untuk tidak melanjuti karirnya di FC. Klopp mengumumkan keputusan tersebut melalui konferensi pers yang dilanjutkan dengan unggahan pada akun instagram resmi FC @liverpoolfc. Keputusan tersebut membuat banyak reaksi publik yang beragam. Penggemar yang dijuluki “the reds” pun banyak yang mengaku bersedih atas keputusan Klopp tersebut.

Dampak
Keputusan Jurgen Klopp hengkang tentu saja akan berdampak pada Liverpool saat ini. Para pemain tentu saja akan merasa berbeda dengan sebelumnya. Mulai dari cara kepelatihan, kebersamaan, dan juga suasana di tempat pelatihan. Generasi yang sudah dibuat oleh Klopp merupakan salah satu generasi kejayaan yang dimiliki oleh Liverpool. Akan ada kemungkinan untuk Liverpool membutuhkan waktu kembali untuk bisa meregenerasi setelah kepergian.

Selain itu juga, jika memang Liverpool sudah mendapatkan pelatih baru belum tentu pelatih tersebut bisa melanjutkan generasi emas Klopp. Bisa dibilang jika kesuksesan Jurgen Klopp susah untuk dilanjuti oleh pelatih berikutnya. Karena, harapan fans Liverpool sudah berstandar kepada masa Klopp.

Beberapa pemain juga akan berkemungkinan hengkan jika Klopp pergi dari Liverpool. Padahal beberapa pemain yang dibeli oleh Klopp adalah pemain inti yang berjasa untuk kejayaan Liverpool dimasa kepelatihan Klopp. Beberapa pemain tersebut seperti Moh Salah, Virgil Van Dijk, dan juga beberapa pemain kunci lainnya. Tentu saja hal ini merupakan dampak besar ketika Klopp meninggalkan Liverpool nantinya.

Pelatih Pengganti Klopp
Tentu saja akan datang pengganti Klopp nanti ketika ia sudah meninggalkan Liverpool. Penggemar Liverpool dan media pun sudah banyak berspekulasi tentang siapa yang pantas untuk meneruskan kesuksesan Klopp di Liverpool. Roberto De Zerbi merupakan salah satu pelatih yang memiliki taktik bermain dengan Klopp. De Zerbi menerapkan strategi Gegenpressing yang merupakan salah satu gaya bermain yang cukup menguras tenaga. Gaya bermain ini dipopulerkan oleh Ralf Ragnick yaitu seorang pelatih yang berasal dari Jerman.

Saat ini, Roberto De Zerbi melatih klub brighton yang saat ini juga sedang naik daun. Brighton memiliki riwayat hasil pertandingan yang baik setelah mulai dilatih oleh De Zerbi. De Zerbi berhasil membawa Brighton untuk memulai kompetisi eropa pertama mereka sejak

klub Brighton diciptakan. Hal ini lah yang membuat banyak fans Liverpool berasumsi bahwa De Zerbi juga akan menorehkan hal yang sama jika ia melatih Liverpool.

Selain Roberto De Zerbi, kandidat kuat lainnya adalah Julian Nagelsmann. Sama- sama berkebangsaan Jerman membuat Nagelsmann cocok dengan para pemain Liverpool. Taktik bermain Nagelsmann juga kurang lebih seperti Klopp yang notabennya adalah sama- sama pelatih Jerman. Namun, Nagelsmann yang saat ini melatih tim nasional Jerman memiliki torehan yang kurang baik. Timnas Jerman banyak mengalami kekalahan dalam pertandingan persahabatan.

Proses pemilihan pelatih baru tidak hanya tentang menemukan seseorang yang memahami filosofi klub, tetapi juga memiliki kemampuan untuk beradaptasi dan menghadapi tekanan besar. Salah satu tantangan utama adalah mempertahankan kebersamaan di tim dan membangun kembali semangat juang setelah kepergian Klopp. Selain itu, manajemen Liverpool harus memastikan bahwa pelatih baru memiliki visi dan strategi yang sesuai dengan ambisi jangka panjang klub.

Pergantian pelatih bukanlah tugas yang mudah, namun, dengan pemilihan yang tepat, Liverpool memiliki peluang untuk melanjutkan era kejayaan yang telah dibangun di bawah kepemimpinan Klopp. Peran manajemen dan dukungan dari seluruh elemen di dalam dan di sekitar klub akan menjadi kunci keberhasilan dalam menghadapi tantangan ini.***

 

(Satria Sevan/Diki Sudrajat)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here