Sunday, 14 April 2024
HomeKabupaten BogorKabupaten Bogor Harus  Jadi Destinasi Event Olahraga Nasional dan Internasional

Kabupaten Bogor Harus  Jadi Destinasi Event Olahraga Nasional dan Internasional

Bogordaily.net – Wakil Ketua I KONI Kabupaten Bogor, Sasmita menilai Kabupaten Bogor mestinya harus jadi destinasi event olahraga nasional dan internasional.

Menurutnya banyak faktor yang bisa menjadikan Kabupaten Bogor bisa menggelar event  olahraga nasional dan internasional seperti fasilitas olahraga yang berstandar internasional di Cibinong seperti Stadion Pakansari, Lintasan Atletik, Venue Laga Tangkas dan venue Paralayang atau Gantole. 

Selain itu, kata Ketua PBVSI Kabupaten Bogor, akses venue pertandingan yang tak jauh dari akses TOL menuju Bandara Internasional dan juga daya dukung hotel berkelas yang ada di sekitar Cibinong, Sentul atau Babakan Madang 

“Saya ingin semua pelaku atau insan olahraga  pemikirannya tak hanya memprioritaskan event Porprov saja.  Karena menjadi Host event berskala nasional dan internasional akan punya dampak pada Peningkatan Ekonomi Daerah ( PED) minimal akan meningkatnya tingkat hunian hotel serta larisnya pusat penjual souvenir atau oleh oleh khas Bogor,”  beber Dechan, Rabu, 28  Maret 2024

Dechan menambahkan, Konsep Kabupaten Bogor menjadi destinasi event olahraga berskala nasional dan internasional selama ini masih dominan dilakukan cabor sepakbola. 

Pasalnya,  kata Dechan, Stadion Pakansari sudah  pengalaman menggelar event PON, AFF, AFC ataupun Asian Games 2018 lalu.

“Saya berharap semua cabor yang ada di KONI  punya gagasan atau ide menggelar event berskala nasional dan Internasional,” paparnya

Akan tetapi, sambung Ketua Partai Demokrat Kabupaten Bogor ini hal utama untuk memajukan atmosfir atau prestasi olahraga daerah adalah kekompakan semua elemen stakeholder, pengusaha dan para pelaku olahraga di Bumi Tegar Beriman.

” Saya yakin teman teman di DPRD Kabupaten Bogor akan mendukung penuh semua program yang akan dilakukan para pelaku olahraga jika niatnya satu frekuensi ingin menjadikan Kabupaten Bogor sebagai destinasi olahraga nasional dan internasional, ” tegasnya.

Dechan ingin Kabupaten Bogor bisa seperti Kabupaten Banyuwangi yang sukses menggelar  event  selancar  dunia bertajuk World Surfing League (WSL) Championship   yang digelar di Pantai Plengkung, Banyuwangi pada 2022 lalu.

Disamping itu, sambung Dechan, saat ini Banyuwangi juga akan kembali menggelar   event  balap sepeda dunia, Internasional Banyuwangi Tour de Ijen tahun ini kembali digelar.

” Optimis Kabupaten Bogor bisa melebihi apa yang dilakukan Kabupaten Banyuwangi yang kerap menggelar  event olahraga kelas dunia. Intinya semua elemen olahraga dengan semua stakeholder atau pemangku kebijakan  harus satu frekuensi dalam koridor  membawa Kabupaten Bogor ke kancah olahraga internasional

Dechan punya gagasan atau ide studi banding antara KONI, Dispora dan Komisi IV datang ke Pemkab Banyuwangi yang sangat sering menggelar event bertajuk internasional.

” Kita bisa menimba ilmu ke Kabupaten Banyuwangi yang kerap menggelar hajatan olahraga dunia,”  pungkas anggota DPRD Jawa Barat dari  Fraksi Partai Demokrat ini.

Selaku Wakil Ketua I KONI Kabupaten Bogor, Dechan berharap semua pemangku kebijakan di kabupaten Bogor seperti eksekutif (Bupati, Kadispora dan dinas terkait lainnya ), legislatif, seluruh Cabang olahraga dan stakeholder lainnya harus memiliki tanggung jawab yang sama kuatnya memajukan prestasi olahraga di Kabupaten Bogor.

Makanya, kata Dechan,  semuanya harus bersinergi dengan KONI sebagai Komite Olahraga di Kabupaten Bogor. 

” Tidak ada prestasi yang mustahil diraih manakala semua stakeholder terkait dapat seiring sejalan menuju tujuan yang sama, yaitu BOGOR KAHIJI,”  pungkasnya.***

()

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here