Thursday, 16 May 2024
HomeKota BogorLurah Kedung Badak Karjono Ajak Warga Gotong-royong Bersihkan Saluran Air 

Lurah Kedung Badak Karjono Ajak Warga Gotong-royong Bersihkan Saluran Air 

Bogordaily.net Karjono kolaborasi dengan Dinas PUPR Kota Bogor serta masyarakat melaksanakan kegiatan pengerukan sampah di RT01/RW08, , Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor pada Rabu 6 Maret 2024.

Langkah ini diambil sebagai upaya preventif untuk mencegah penularan Demam Berdarah Dengue (DBD) dan risiko banjir di wilayah Kedung Badak.

Karjono mengatakan, bahwa kegiatan pengerukan sampah dilakukan secara rutin setiap dua minggu sekali di sepanjang saluran Cibuluh, yang merupakan pecahan dari sungai Cipakancilan. 

“Inisiatif ini tidak hanya melibatkan aparat pemerintah setempat, tetapi juga melibatkan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat dan Dinas PUPR,” kata Karjono.

Menurutnya, langkah ini diambil mengingat dampak negatif yang dapat timbul akibat penumpukan sampah di saluran air. 

“Selain menjadi sarang nyamuk Aedes aegypti pengidap virus DBD, tumpukan sampah juga dapat menyebabkan genangan air dan potensi banjir di musim hujan,” ujarnya.

Karjono mengungkapkan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. 

“Kami berkomitmen untuk menjaga kesehatan masyarakat dan mencegah risiko banjir dengan melakukan pengerukan sampah secara berkala. Namun, peran serta aktif dari warga sangatlah penting agar upaya ini dapat berjalan dengan optimal,” ucapnya.

Selain memberikan dampak positif dalam pencegahan DBD dan banjir, kegiatan ini juga menciptakan rasa kebersamaan dan kesadaran akan lingkungan di antara warga setempat. 

“Dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan lingkungan yang bersih dan sehat dapat terus terjaga, memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat Kota Bogor,” tandasnya.***

(Ibnu Galansa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here