Saturday, 13 July 2024
HomeKulinerMelongok Pabrik Tahu Yun-Yi di Salabenda Bogor, Sudah Ada Sejak 1940

Melongok Pabrik Tahu Yun-Yi di Salabenda Bogor, Sudah Ada Sejak 1940

Bogordaily.net Melongok pabrik di Bogor, Jawa Barat. Tahu legendaris ini sudah berdiri sejak tahun 1940 atau sudah sekitar 84 tahun.

memiliki beberapa cabang salah satunya di Jalan Salabenda Raya No.11, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.

Sebagaimana video yang diunggah di Instagram @pinotjohnny dan @bogordailynews, Jumat, 1 Maret 2024.

Pabrik sudah modern. Dalam prosesnya, kedelai lebih dulu diproses menjadi susu lalu dimasak lagi serta dicetak hingga menjadi tahu. Selain diproses secara modern, sebagian tahu juga dibuat secara tradisional.

Selain pabrik di lokasi yang sama juga terdapat kedai. Pengunjung bisa menikmati berbagai menu makanan dan minuman di kedai tersebut.

Baca Juga: Daftar Tanggal Merah Libur Nasional dan Cuti Bersama Maret 2024

Lihat Juga: Video Pabrik Tahu Yun-Yi di Salabenda Bogor

Sejarah

didirikan dan dirintis oleh Liauw Hon Tjan di Bandung. Di awal berdirinya sama seperti pabrik tahu yang lain, proses produksi masih menggunakan peralatan yang sangat sederhana.

“Adalah Liauw Hon Tjan, pemuda asal Cina yang membawa ilmu membuat tahu dari keluarganya di negeri Cina ke Indonesia,” tulis keterangan video yang diunggah di Instagram @pinotjohnny dan @bogordailynews.

Sekarang pabrik sudah modern yang dijalankan oleh generasi ketiga dan memiliki beberapa pabrik di Jawa Barat.

“Kata Yun-Yi berasal dari bahasa Mandarin yang artinya selalu bermanfaat atau beruntung. Sebuah filosofi yang menjadi tujuan utama agar produk-produk selalu memberi manfaat bagi masyarakat Indonesia,” sambung .

Sementara itu unggahan video tentang pabrik menyedot perhatian warganet. Berbagai komentar pun dituliskan warganet seperti berikut ini:

“Saya salah satu penggemar tahu yunyi, gurih tahunya..di makan mentah juga enak.”

“Tahu enak goreng setengah matang pakek sambel kecap aja aduuuh ajiibbbb.”

“Tahu Yun yi terkenal sampe Negara Qatar dan Philippines loohh sy pernah ke 2 negara tersebut nemu bbrp ps swalayan asia menjual tahu yun yi.”

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here