Monday, 29 April 2024
HomeBeritaNiat Sahur yang Dibaca Rasulullah Lengkap dengan Artinya

Niat Sahur yang Dibaca Rasulullah Lengkap dengan Artinya

Bogordaily.net Niat pada Ramadan lengkap dengan artinya. Pemerintah menetapkan awal 1 Ramadhan 1445 Hijriah pada Selasa, 12 Maret 2024.

Sebelum menjalankan ibadah , umat muslim melaksanakan . Pelaksanaannya  ketika menjelang adzan subuh atau mendekati imsak.

Hukum makan sunah bagi mereka yang berpuasa. Berikut bacaan niat saat menyantap di bulan Ramadan.

Baca Juga: Doa Menyambut Ramadhan Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin, hingga Arti

Melansir NU Online dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban, Rasulullah saw menganjurkan untuk meskipun hanya dengan seteguk air.

Artinya, “Dari Abdullah bin Umar RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Hendaklah kalian bersahur meskipun hanya seteguk air,'” (HR Ibnu Hibban).

Orang yang melaksanakan juga dianjurkan untuk membaca doa. Berikut doa yang dibaca oleh Rasulullah SAW saat menyantap hidangan .

Doa

يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

Yarhamullâhul mutasahhirîn.

Artinya, “Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur.”

Doa tersebut terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Thabarani, dikutip oleh Syekh Abdul ‘Azhim al-Mundziri dalam Kitab At-Targhib wat Tarhib,

وروي عن السائب بن يزيد رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم نِعْمَ السَّحُوْرُ التَّمْر وَقَالَ يَرْحَمُ اللهُ الْمُتَسَحِّرِيْنَ

Artinya, “Diriwayatkan oleh As-Saib bin Zaid RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Sebaik-baik hidangan sahur adalah kurma.” Rasulullah SAW lalu berdoa, ‘Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur,'” (HR At-Thabarani).

Demikian doa yang dibaca Rasulullah SAW saat melaksanakan sahur.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here