Wednesday, 17 April 2024
HomeHiburanPemenang Putri Indonesia 2024 Harashta Haifa Zahra si Mojang Bandung dari ITENAS 

Pemenang Putri Indonesia 2024 Harashta Haifa Zahra si Mojang Bandung dari ITENAS 

Bogordaily.net – Pemenang 2024 akhirnya dinobatkan. Ia adalah Harashta Haifa Zahra mahasiswi Itenas Bandung asli Bandung.

Ia terpilih menjadi Puteri Indonesia 2024, dalam acara Malam Grand Final yang telah digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (8/3/2024). 

Terpilihnya Harashta Haifa Zahra ini membuat Jawa Barat kembali memegang mahkota Puteri Indonesia. 

Tahun sebelumnya, Puteri Indonesia 2023 Farhana Nariswari juga berasal dari Jawa Barat.

Harashta Haifa Zahra terpilih menjadi pemenang setelah bersaing dengan tiga finalis lainnya dari DI Yogyakarta (Sophie Kirana Indriyagi), Bali (Ni Ketut Permata Juliastrid Sari), dan Jawa Timur (Melati Tedja). 

Keempatnya nantinya akan melangkah ke ajang internasional untuk mewakili Indonesia.

Sementara itu, dalam pernyataannya Harashta Haifa Zahra mengaku, dirinya tidak menyangka kalau akan terpilih menjadin pemenang dinaiang tersebut. 

Ia berharap, dukungan banyak dari para penggemar untuk langkahnya di ajang internasional.

“Saya benar-benar nggak nyangka bisa ada di titik Ini bisa jadi tahun 2024. Ingin minta dukungan dan teman-teman semua semoga Tata (nama panggilan) bisa menjalankan sebagai 2024 dan bisa melenggang ke kaca internasional dan menjadi perwakilan Indonesia yang baik,” ucap Harashta Haifa Zahra dalam konferensi pers.

Sedangkan untuk posisi runner-up I diraih oleh Sophie Kirana dari DI Yogyakarta yang akan menyandang gelar sebagai Puteri Indonesia Lingkungan. 

Posisi runner-up II diraih oleh Ketut Permata Juliastrid dari Bali dan menyandang gelar sebagai Puteri Indonesia Pariwisata. 

Untuk runner-up III yang juga mendapat gelar baru yakni Puteri Pendidikan dan Kebudayaan diraih oleh Melati Tedja dari Jawa Timur.

Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani, mengatakan, bangga menghasilkan empat wanita terbaik yang akan mewakili Indonesia di ajang internasional. 

Dengan keempat calon ini, Putri optimis dan berharap agar salah satu dari keempat pemenang ini bisa menjadi juara di ajang internasional.

“Menghasilkan 4 Putri yang terbaik saya percaya mudah-mudahan dengan kesempatan yang lebih besar bagi putri-putri terbaik Indonesia. Indonesia punya kesempatan yang lebih besar untuk menang sebagai juara 1 di ajang internasional yang akan kami ikuti,” jelasnya.

Terpilijnya Harashta Haifa Zahra ini juga didapat dari jawabannya mengenai peran perempuan terhadap pembangunan Indonesia. 

Dalam jawabannya, Harashta Haifa Zahra mengungkapkan, peran perempuan sangat penting dalam pembangunan ditambah dengan kerja sama oleh para pria.

Bahkan, ia menjadikan sosok Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sebagai contoh perempuan yang berkontribusi besar bagi pembangunan Indonesia.

“Misalnya, salah satu dewan juri, Ibu Retno yang dulu seorang diplomat sekarang Menteri Luar Negeri RI yang sudah membawa nama Indonesia di kancah internasional,” ungkap Harashta Haifa Zahra.

Terpilihnya Harashta Haifa Zahra menjadi Puteri Indonesia 2024 ini menjadi tanda telah habis tugas pada Puteri Indonesia sebelumnua, yakni Farhana Nariswari, Puteri Indonesia Lingkungan 2023 Yasinta Aurelia, dan Puteri Indonesia Pariwisata 2023 Lulu Zaharani Krisna. 

Tugas mereka nantinya akan diemban oleh keempat pemenang terbari Puteri Indonesia 2024.

Profil Pemenang 2024 Harashta Haifa Zahra

Harashta Haifa biasa disapa Tata merupakan mahasiswi teknik lingkungan ITENAS. 

Tata menemukan hasratnya dalam mendidik orang lain mengenai limbah makanan sehingga dia dapat berkontribusi terhadap keberlanjutan sumber daya pangan kita. 

Sebagai sosok yang menganut kesederhanaan, harmoni, dan menghargai alam.

Dikutip dari akun Instagram miliknya secara resmi, Harashta Haifa memiliki hampir 20K follower. 

Dia menyebut dirinya sebagai mahasiswi teknik lingkungan. 

Dikutip dari Instagram miliknya, Harashta Haifa juga sangat peduli dengan lingkungan dengan mengampu akun @motherofnature_

Harashta Haifa dalam akun tersebut terlihat mengunjungi Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Haii temen-temen!! Senang sekalii rasanya dapet kesempatan untuk dateng ke TPST di kawasan TPA Sarimukti, tepatnya di Pengolahan Sampah milik pusat Koperasi Kartika Siliwangi yang bekerja sama dengan PT. Nawasena. TPS ini mengolah sampah organik, anorganik, dan residu menjadi briket dengan proses pencacahan menjadi partikel kecil. Sampah tsb dicampur dengan perekat dari singkong yang dijadikan aci sebanyak 5% (tetapi bisa kurang dari ini kalauu sampah organik yang diolah sudah banyak^^) serta 2% zat aditif yang kemudian dimasukan kedalam mesin ke-2 (mesin pencetak briket) lalu dikeringkan,” tulisnya. 

Harashta Haifa juga terlihat memilah sampah. 

“Sampah yang terlihat di video tersebut dihasilkan dalam waktu satu minggu ????, kebayang kan kalau dalam waktu satu bulan akan sebanyak apaa??? miris sekali melihat banyaknya sampah yang terbuang ke sungai, ternyataa tidak selamanyaa sampah terbuang ke tempat sampah????padahall mudah sekali untukk buang sampah pada tempatnyaa.

Maka dari ituu, yukk buang sampahh pada tempatnya supayaa lingkungan kita tetap bersih, sehat, dan cantikk. Selain ituu, pilah juga sampah kita untuk memudahkan proses pengolahan (dan supaya dapat dimanfaatkan kembali). Pemilahan dapat dilakukan dengan pemilahan yang paling mudah, yaitu 1. plastik layak jual 2. sampah organik 3. residu,” ujarnya. 

Ia juga merupakan model asal Bandung. Dia juga mengikuti ajang Mojang Jajaka Bandung tahun 2022.

Ajang itu, Harashta Haifa terpilih sebagai Wakil II Mojang Kota Bandung.  Dia merupakan dara kelahiran Garut, 5 September 2003. 

Harashta Haifa mengikuti seleksi peserta bertaraf provinsi untuk Puteri Indonesia Jawa Barat 2024 untuk ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2024 di Graha Mustika Ratu di Jakarta, di mana ia akhirnya sukses terpilih sebagai pemenang seleksi.

Harashta mewakili provinsi Jawa Barat dalam kontes kecantikan tingkat nasional Puteri Indonesia 2024.

Selanjutnya, dia mewakili provinsi Jawa Barat dalam kontes kecantikan bertaraf nasional Puteri Indonesia 2024 yang digelar di Plenary Hall, Jakarta Convention Center di Jakarta Pusat pada tanggal 8 Maret 2024.

Ia kemudian menjadi pemenang dan dimahkotai oleh pendahulunya Puteri Indonesia 2023, Farhana Nariswari Wisandana dari provinsi yang sama.

Itulah informasi dan ulasan mengenai Pemenang 2024 Harashta Haifa Zahra si Mojang Bandung mahasiswi Itenas Bandung.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here