Tuesday, 30 April 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor Sukses Jadi Tuan Rumah Kegiatan Gerakan Tanam Cabai Nasional

Pemkab Bogor Sukses Jadi Tuan Rumah Kegiatan Gerakan Tanam Cabai Nasional

Bogordaily.net – Terpilih sebagai tuan rumah kegiatan serentak di seluruh Indonesia, serta dalam rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52, Pemerintah Kabupaten Bogor sukses menyelenggarakan perhelatan tingkat Nasional, yang berlangsung di Alun-Alun Cirimekar, Cibinong, Senin, 4 Maret 2024.

Sekitar 1.000 bibit cabai diserahkan dalam gerakan tanam cabai serentak se-Indonesia ini dilakukan, sebagai upaya pengendalian inflasi daerah.

Gerakan Tanam Cabai Serentak se-Indonesia dibuka langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang juga Istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Wury Estu Handayani di Alun-alun Cirimekar, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin.

Iriana dan Wury hadir ditemani Ibu Ketua Umum Tim Penggerak Ibu Tri Tito Karnavian juga jajaran istri menteri Kabinet Indonesia Maju, salah satunya Annisa Pohan yang merupakan istri Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), juga Penjabat Ketua TP Kabupaten Bogor Siti Chomzah serta jajaran anggota pengurus Kabupaten Bogor.

Baca juga : Ramalan Cuaca Bogor, BMKG : Selasa 5 Maret 2024 Akan Hujan Petir

Sebagai tanda dimulainya Gerakan Tanam Cabai Nasional, Ibu Negara Iriana Joko Widodo mulai melakukan penanaman cabai.

Penanaman cabai ini tidak hanya dilakukan secara langsung di Alun-alun Cirimekar juga dilakukan secara virtual oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP ) se-Indonesia.

Rangkaian Gerakan Tanam Cabai Nasional

Selain Gerakan Tanam Cabai Nasional, beberapa rangkaian kegiatan juga dilakukan yakni, 1.000 paket sembako, tiga buah bantuan kursi roda, dokumen kependudukan, serta 500 buku resep kudapan tinggi protein secara simbolis.

Lalu penebaran 50 ribu benih ikan di Situ Citata, peninjauan food truck, mobil ATI (Ahli Teknologi dan Informasi), rapid test keamanan pangan, serta penanaman tujuh benih pohon Alpukat Miki. Serta, berbagai kegiatan lain seperti Gelar Pangan Murah, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), serta stan-stan edukasi.

Dalam kesempatan ini, Pj Ketua TP Kabupaten Bogor Siti Chomzah mengungkapkan, suatu kehormatan ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara pencanangan Gerakan Tanam Cabai serentak di seluruh Indonesia juga disiarkan secara Zoom dan diikuti oleh seluruh Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Indonesia yang dirangkaikan dengan Hari Kesatuan Gerak ke-52.

Baca juga : Daftar Tanggal Merah Maret 2024, Ada Libur Panjang

Menurut Siti Chomzah, kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan gerakan tanam cabai kepada warga. Karena, cabai merupakan salah satu komoditas yang kerap berdampak pada terjadinya inflasi setiap tahun.

“Kita juga menyelenggarakan beberapa kegiatan di sini, contohnya ada bazar UMKM, bazar UP2K juga ada gerakan pangan murah. Penyebaran 50 ribu benih ikan, dan penanaman seribu pohon cabai. Juga ada bantuan sosial paket sembako sejumlah 1.300 yang dibagikan kepada masyarakat dan tadi simbolis diserahkan sejumlah 200 orang,” jelas Pj. Ketua Kabupaten Bogor.

Tidak hanya itu, juga dilakukan penyerahan secara simbolis dokumen-dokumen kependudukan, contohnya KTP, KIA, Akte Kelahiran.

“Kemudian juga ada penyerahan buku resep makanan dan ada gerakan pangan murah staf boros pangan yang dilakukan oleh anak-anak sejumlah 250 siswa yang melakukan jingle-jingle staf boros pangan,” imbuhnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here