Sunday, 28 April 2024
HomeEkonomiPengin Beli Asuransi Mobil All Risk, Pastikan Cek Preminya Dulu

Pengin Beli Asuransi Mobil All Risk, Pastikan Cek Preminya Dulu

Bogordaily.net – Asuransi merupakan produk yang melindungi diri dan harta benda dari berbagai risiko tak terduga. Salah satu produk proteksi ini adalah asuransi mobil.

Sebelum memutuskan untuk memiliki asuransi mobil penting untuk mengecek preminya terlebih dahulu. Untuk mendapatkan polis terbaik, Anda dapat membandingkan harga premi yang ditawarkan masing-masing perusahaan asuransi.

Seperti diketahui, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengatur harga premi asuransi mobil lewat Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017. Premi tersebut dihitung berdasar jenis asuransi mobil, All Risk atau Total Loss Only (TLO), wilayah kendaraan terdaftar, dan harga mobil yang dimiliki.

Tak hanya itu saja, ada faktor lain yang juga menjadi pertimbangan harga premi, yaitu jaminan perluasan asuransi kendaraan (rider). Buat mengetahuinya, mari kita bahas kedua topik ini secara mendalam.

Hal-Hal yang Penting Diketahui soal Premi Asuransi All Risk
Asuransi All Risk merupakan jenis proteksi kendaraan yang memberikan perlindungan yang luas, mencakup berbagai risiko mulai dari kerusakan karena kecelakaan hingga pencurian. Namun, premi asuransi All Risk bisa lebih tinggi dibandingkan dengan jenis asuransi lainnya.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi premi asuransi All Risk:
Nilai mobil
Premi yang harus dibayarkan turut bergantung pada nilai kendaraan yang dimiliki. Semakin tinggi nilai mobil Anda, maka preminya pun akan lebih tinggi.

Usia pengemudi dan jenis mobil yang dimiliki
Usia pengemudi menjadi salah satu faktor penentu harga premi asuransi. Jika pengemudi berusia lebih muda, maka dinilai lebih berisiko karena kurang berpengalaman berkendara.
Kondisi itu membuat premi asuransi yang harus dibayarkan lebih tinggi. Sementara itu, pengemudi yang berusia lebih tua dan berpengalaman kerap memperoleh premi lebih rendah.
Tak hanya faktor usia saja, mobil yang lebih baru atau memiliki fitur keamanan lebih baik biasanya memiliki premi yang lebih rendah. Sebaliknya, mobil lebih lama akan lebih mahal preminya.

Lokasi dan pemanfaatan mobil
Lokasi di mana tempat tinggal Anda dan frekuensi pemakaian mobil juga turut mempengaruhi harga premi. Daerah dengan angka kejahatan yang tinggi biasanya memiliki premi yang juga lebih tinggi.

● Riwayat kecelakaan
Jika Anda memiliki riwayat kecelakaan atau klaim sebelumnya, maka premi yang harus Anda bayarkan pun lebih tinggi.

Deductible
Pilihan deductible atau own risk alias risiko sendiri yang lebih rendah biasanya turut menambah tinggi harga premi yang dibayarkan. Demikian pula sebaliknya.

Membeli di Asuransi Online Terbaik
Dengan kemajuan teknologi, semakin banyak perusahaan asuransi yang menawarkan layanan online yang mudah digunakan. Begitu banyaknya rekomendasi asuransi online membuat Anda harus lebih selektif dalam memilih yang terbaik.

Salah satu pilihan asuransi online terbaik saat ini adalah Roojai.co.id. Sebab, sebagai penyedia asuransi online di Indonesia yang berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), platform ini menyediakan produk proteksi kendaraan dengan harga premi yang terjangkau.

Anda dapat mengatur sendiri manfaat perlindungan polis asuransi yang ingin dimiliki sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan. Selain memiliki produk asuransi dengan harga terjangkau, platform ini juga mudah digunakan dan dipahami, namun tetap mempertahankan kualitas layanan terbaiknya.

Itulah beberapa hal penting yang harus dipahami sebelum membeli polis asuransi All Risk dan membayar preminya. Selain mempertimbangkan hal-hal di atas, dalam memilih asuransi, baik itu All Risk atau Total Loss Only (TLO), pastikan sesuai kebutuhan dan anggaran yang dimiliki.

Untuk membantu memberi keputusan akhir, Anda bisa membandingkan premi yang ditawarkan, cakupan yang diberikan, dan layanan antara berbagai penyedia asuransi. Pada tahap akhir, pilihlah perusahaan asuransi yang dapat memberikan perlindungan yang tepat dan layanan yang dapat diandalkan sesuai kebutuhan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here