Monday, 29 April 2024
HomeKabupaten BogorPj. Bupati Bogor Ajak Jajarannya Fokus Tata Kebersihan Wilayah Kota Cibinong

Pj. Bupati Bogor Ajak Jajarannya Fokus Tata Kebersihan Wilayah Kota Cibinong

Bogordaily.net didampingi Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Suryanto Putra, Pimpin Rapat Penataan dan Lingkungan Kawasan Perkotaan Cibinong, yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati Bogor, Selasa 19 Maret 2024.

Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengungkapkan bahwa, untuk mengoptimalkan pengelolaan lingkungan Kabupaten Bogor, terutama penataan perkotaan Cibinong yang bersih tentunya harus pola pengelolaan kebersihannya dilakukan secara terpadu.

Mulai dari Kepala Desa, Lurah, Camat, UPT, RT RW, masyarakat juga Perangkat Daerah terkait sesuai tugas dan fungsinya. Sebab urusan ini tidak hanya jadi tanggung jawab dari pemerintah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) saja.

“Tim terpadu ini memiliki peran yang sangat besar terutama dalam menjaga lingkungan Kabupaten Bogor. Jangan sampai ada sampah yang bertumpuk di bahu jalan terutama di wilayah perkotaan Cibinong Raya dan seluruh wilayah Kabupaten Bogor,” kata Asmawa, Selasa 19 Maret 2024.

Bentuk Tim Terpadu

Selajutnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Subiantoro menambahkan, pembentukan tim terpadu sangat penting, terlebih di Kabupaten Bogor pengelolaannya belum dilakukan secara modern artinya pemilahan sampah masih dilakukan secara manual.

“Untuk itu ke depannya Pemkab Bogor akan berupaya melakukan pengolahan dengan teknologi sehingga sampah dapat dipilah sebelum masuk ke TPAS. Dan tim terpadu ini dapat memaksimalkan pengelolaan sampah dengan baik,” ujar Subiantoro.

Sementara itu, Camat Cibinong Acep Sajidin menuturkan, penataan menjadi perhatian bersama terlebih dengan adanya tim terpadu, serta sinergi dengan sejumlah dinas terkait alhamdulilah secara bertahap permasalahan lingkungan di dapat terselesaikan.

“Seperti normalisasi saluran Sungai Kalibaru, dan penataan infrastrukturnya sehingga lingkungan di wilayah Kecamatan Cibinong bisa dilakukan dengan baik,” ungkap Acep Sajidin.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here