Wednesday, 1 May 2024
HomeKota BogorRumah Sakit BSH Gelar Seminar Parenting Pencegahan DBD dan Lomba Mewarnai

Rumah Sakit BSH Gelar Seminar Parenting Pencegahan DBD dan Lomba Mewarnai

Bogordaily.net Rumah Sakit Bogor Senior Hospital (BSH) menggelar seminar pencegahan demam berdarah pada anak dan lomba mewarnai Sabtu, 2 Maret 2024.

Acara dimulai sejak pukul 10.30 WIB dan diikuti oleh para orang tua peserta lomba mewarnai di . Dan menghadirkan narasumber dokter spesialis anak, dr. Katrine, Sp.A.

Dalam pemaparanya, dr. Katrine, Sp.A menjelaskan, terkait meningkatnya kasus penyakit Demam Berdarah (DBD). Yakni kasus rawat inap baik anak-anak maupun dewasa khususnya di kota Bogor.

“Melalui seminar ini kita harapkan untuk meningkatkan kesadaran dari warga sekitar. Supaya kita bisa mengenali apa itu demam berdarah bagaimana mengetahuinya agar lebih cepat. Baik anak maupun dewasa yang mengalami gejala tersebut dapat ditangani lebih cepat, sehingga mengurangi penyakit yang berat ataupun kematian,” kata dr. Katrine, Sp.A, Sabtu, 2 Maret 2024.

Menurutnya, penting juga bagi kita untuk bisa melakukan pencegahan seperti 3M yang dicanangkan oleh pemerintah. Yakni menjaga kebersihan, mengurangi genangan air, dan mengurangi tumpukan barang bekas yang menjadi tempat bersarangya nyamuk.

RS BSH lomba mewarnai

Vaksinasi DBD

“Serta pemberian vaksinasi demam berdarah, dan saat ini di Indonesia sudah ada vaksinasi yang bisa diberikan 6 tahun ke atas sampai dewasa berusia 45 tahun. Pemberian vaksinasi ini diberikan 2 kali dalam jeda waktu 3 bulan,” jelasnya.

Ia berharap melalui seminar yang digelar , masyarakat dapat mengetahui pentingnya vaksinasi DBD. Sebab dengan vaksinasi tersebut dapat mengurangi angka kejadian demam berdarah. Sekalipun terjadi gejalanya tidak terlalu berat serta untuk perlindunganya bisa mencapai 4 sampai 5 tahun pada pemberian vaksinasi ini.

“Jadi diharapkan kan sekarang sudah banyak kasus dilingkungan, rumah, maupun sekolah yang terjadi penyebaran demam berdarah. Supaya kita bisa mencegah kondisi yang berat hingga kematian akibat DBD ini,” jelas dr Katrine, Sp.A.

RS BSH lomba mewarnai

Sementara itu kegiatan lomba mewarnai di turut diikuti oleh puluhan peserta yang dibagi dalam dua kategori. Yakni kategori A umur 3-6 tahun dan kategori B 6-9 tahun.

Dalam pelaksanaannya, para peserta sangat antusias mengikuti lomba mewarnai dari awal hingga akhir.

Usai lomba mewarnai tersebut pihak panitia langsung mengumumkan para pemenang lomba mewarnai mulai dari kategori A umur 3-6 tahun dan kategori B 6-9 tahun.

RS BSH lomba mewarnai

Serta memberikan apresiasi berupa hadiah dan juga sertifikat untuk para peserta lomba mewarnai di .

“Untuk kegiatan lomba mewarnai tersebut para peserta sangat antusias, mereka juga sudah memberikan yang terbaik sehingga kami berikan apresiasi,” kata Marketing Communications Officer , Teguh Andriansyah kepada Bogordaily.net. (Albin Pandita)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here