Tuesday, 16 April 2024
HomeKulinerSejarah Mie Glosor,  Makanan Khas Bogor yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Sejarah Mie Glosor,  Makanan Khas Bogor yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Bogordaily.net –  khas Bogor ini sangat terkenal dan unik, karena hanya muncul dan ada di bulan Ramadan. 

Berwarna kuning, kenyal, dan licin, dan merupakan hidangan khas yang paling diburu saat bulan Ramadhan seperti saat ini.

Tak heran jika menjadi salah satu takjil favorit yang gurih dan paling diburu semua orang saat akan berbuka puasa. 

Mie ini memiliki tampilan menarik, warnanya kuning cerah dan berkilau karena terbuat dari bahan campuran tepung sagu atau aci yang dicampur dengan kunyit.

Saat menyantap , bagi penikmatnya merasakan kenikmatan dan sensasi tersendiri.

Saat digigit akan terasa kenyal enyoy – enyoy gitu, dan langsung merosot ke tenggorokan. Hal inilah yang membuat mie ini disebut sebagai .

Nama Glosor diambil dari kata bahasa Sunda ‘ngegelosor' yang berarti merosot turun. Karena teksturnya kenyal nan licin sehingga gampang meluncur ke kerongkongan.

disebut-sebut sebagai makanan asli Bogor, namun menurut sejarahnya ternyata berasal dari Sukabumi.

Menurut informasi dari berbagai sumber, pada tahun 1966 seorang warga Sukabumi (namanya tidak dikenal) pindah ke daerah Pancasan Bogor.

Warga Sukabumi tersebut memiliki keahlian membuat mie dari bahan campuran tepung sagu atau aci dicampur dengan kunyit.

Saat itu mie tersebut belum memiliki nama, namun karena teksturnya kenyal dan licin maka orang Bogor memberinya nama .

Sejak itulah warga Sukabumi tersebut terus memproduksi , hingga populer dikalangan masyarakat Bogor, uniknya hanya ada dan mudah didapatkan saat bulan Ramadhan.

dimasak dengan racikan bumbu, minyak goreng, bawang putih, bawang daun, sayuran (kol atau sawi), garam secukupnya, yang suka penyedap rasa bisa ditambah secukupnya atau bisa diganti dengan pasir sedikit, lalu ditaburi bawang goreng.

Warga Bogor memiliki kebiasaan menyantap   disiram kuah sambal kacang pedas, kemudian dipadukan dengan aneka gorengan seperti Risol, Kroket, Bala-bala sayuran, Bakwan Jagung atau dengan lontong (buras) yang dipotong – potong.

Mie glosor khas Bogor ini tentu saja wajib ada saat buka puasa, makanya tidak heran mie ini banyak dijajakan oleh para penjual di gang-gang kecil hingga jalan utama, mie glosor mudah ditemukan.

Selain harganya cukup murah, mulai dari Rp 5.000 – Rp 10.000/cup, menyantap mie glosor saat berbuka bareng keluarga akan merasakan kenikmatan yang luar biasa.

Anda penasaran dengan penampakan dan rasa mie glosor, datang mulai pukul 15.00 – 18.00 WIB pedagang mie glosor sudah berjejer di pinggir jalan atau di tempat jualan takjil menjelang waktu berbuka..***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here