Sunday, 28 April 2024
HomeKota BogorTahukah Kamu? Pintu BisKita Transpakuan Memiliki Letak Berbeda, Ini Penjelasannya

Tahukah Kamu? Pintu BisKita Transpakuan Memiliki Letak Berbeda, Ini Penjelasannya

Bogordaily.net – Tahukah kamu, ternyata pintu keluar Transpakuan Bogor memiliki letak yang berbeda, berikut ini penjelasannya.

Transpakuan menjadi salah satu layanan transportasi umum jenis medium bus yang digunakan oleh masyarakat Bogor.

Namun, bila diperhatikan, bus hadir menjadi dua jenis, ada yang pintu belakang atau pintu keluarnya terletak di tengah dan ada juga yang terletak di belakang. 

Layanan semuanya menggunakan body bernama Nucleus. Hanya saja secara tipe memang berbeda, sehingga posisi pintu keluar berbeda. 

yang pintu keluarnya bukaan tengah itu jenis high floor. Sementara pintu keluar penumpang terletak di belakang, itu jenis low entry.

Kedua jenis bus tersebut punya keunggulan masing-masing. Misalnya seperti jenis low entry yang dirancang agar ramah untuk penumpang berkebutuhan khusus dengan kursi roda. 

Bus dilengkapi ramp portable untuk akses keluar masuk pengguna kursi roda.

Semantara itu, untuk bus dengan tipe high floor dengan pintu keluar bukaan tengah punya keunggulan membuat akses turun penumpang lebih cepat karena ukuran pintu lebih lebar. 

Selain itu, penumpang juga akan lebih mudah melangkah ke halte bus. 

Jadi ada yang peruntukannya untuk halte tinggi seperti Transjakarta, ada juga yang untuk seperti metrotrans (metromini).***

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here