Wednesday, 17 April 2024
HomeKota BogorTebing 12 Meter Longsor di Kota Bogor, 2 Motor Hanyut 2 Rumah...

Tebing 12 Meter Longsor di Kota Bogor, 2 Motor Hanyut 2 Rumah dalam Bahaya

Bogordaily.net – Curah hujan tinggi yang melanda Kota Bogor pada Jum'at, 8 Maret 2024, mengakibatkan terjadinya di Jalan Parung Banteng, RT.05/RW.01, Kelurahan , Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Hidayatulloh menyampaikan bahwa penyebab utama tanah tersebut disebabkan oleh hujan deras yang terus menerus, serta kondisi struktur tanah yang tergerus akibat aliran sungai Ciliwung. 

Kejadian ini menimpa tebing dengan dimensi tinggi kurang lebih 12 meter dan lebar sekitar 14 meter yang berada di tepi Sungai Ciliwung. 

“Dampak dari ini tidak hanya mengancam keamanan 2 rumah warga, tetapi juga menyebabkan 2 sepeda motor terbawa arus sungai,” kata Hidayatulloh kepada bogordaily.net saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Sabtu 9 Maret 2024.

Personil BPBD Kota Bogor yang tergabung dalam Tim Tanggap Darurat Bencana (TRC), kata Hidayatulloh, langsung bergerak ke lokasi kejadian. 

“Mereka melakukan koordinasi dengan aparat wilayah setempat, pihak terdampak, dan warga sekitar untuk memberikan respons cepat dalam menanggapi situasi darurat,” ujarnya.

Hidayatulloh menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi kejadian agar tetap waspada dan menjauhi area

“Evakuasi diri ke tempat aman menjadi langkah yang disarankan, terutama jika kondisi cuaca tidak mendukung,” ungkapnya.

Tim BPBD Kota Bogor juga terus melakukan pemantauan dan evaluasi situasi untuk memastikan keselamatan warga dan mengambil tindakan preventif lebih lanjut.***

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here