Sunday, 14 April 2024
HomeNasionalTips Tetap Fit Saat Berpuasa Ala dr Priviny Safira 

Tips Tetap Fit Saat Berpuasa Ala dr Priviny Safira 

Bogordaily.net – Dokter Priviny Safira dari Rumah Sakit Murni Teguh Sudirman Jakarta memberikan beberapa tips agar tetap fit saat berpuasa.

Pertama, dr. Priviny menekankan pentingnya mengkonsumsi makanan berserat. 

Makanan yang tinggi serat seperti biji-bijian, termasuk roti gandum dan kacang-kacangan, tidak hanya melancarkan pencernaan tetapi juga membuat perasaan kenyang bertahan lebih lama. 

“Untuk menu sahur, disarankan untuk menambahkan buah-buahan dan sayuran tinggi serat seperti wortel, bayam, dan brokoli,” kata Dokter Priviny Safira melalui unggahan Instagram @rsmurniteguhsudirmanjakarta, Minggu 17 Maret 2024.

Kedua, dr. Priviny merekomendasikan konsumsi makanan berprotein. 

Protein tidak hanya memberikan energi tetapi juga memperlambat proses pencernaan, sehingga membantu menahan rasa lapar. 

“Pilihan makanan berprotein sebaiknya mencakup daging merah tanpa lemak, produk susu rendah lemak, kedelai, kacang-kacangan,” ujarnya.

Selanjutnya, tips tetap fit saat berpuasa yang dijelaskan dr. Priviny yaitu  untuk memilih makanan rendah lemak. Lemak yang sehat seperti minyak zaitun, minyak kanola, minyak wijen, ikan salmon, dan sarden dapat menjadi pilihan yang baik, karena mengandung lemak sehat yang penting untuk tubuh tanpa menimbulkan dampak negatif.

Terakhir, dr Priviny mengingatkan untuk menghindari makanan tinggi gula saat sahur. 

Konsumsi makanan tinggi gula dapat meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh, yang pada akhirnya meningkatkan rasa haus dan lapar lebih cepat.

“Dengan mengikuti tips tersebut, diharapkan umat muslim dapat menjalani ibadah puasa dengan lancar dan tetap menjaga kesehatan. Rumah Sakit Murni Teguh Sudirman Jakarta siap memberikan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat,” tandasnya.***

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here