Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorYayasan Vihara Dhanagun Bogor Santuni 400 Anak Yatim

Yayasan Vihara Dhanagun Bogor Santuni 400 Anak Yatim

Bogordaily.net – Yayasan Bogor menggelar santunan dan buka puasa bersama dengan 400 lebih anak yatim pada Rabu 27 Maret 2024.

Kegiatan dihadiri Danrem 061/Kota Bogor Brigjen TNI Faisol Izuddin Karimi, Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto dan para pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bogor.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, kegiatan buka puasa bersama yang dilakukan di ini, merupakan tradisi yang sangat jarang terjadi di berbagai daerah lain. 

Hampir 10 tahun kegiatan buka puasa bersama dilakukan secara konsisten, berbagi menyantuni anak yatim dari pengurus .

“Ya, kegiatan melibatkan lintas agama ini merupakan tradisi yang harus dijaga. Sebab, kegiatan ini sangat luar biasa menginspirasi. Saya agak sulit melihat padanannya di kota-kota lain, ini contoh rumah ibadah yang terbuka untuk semua, bukan hanya warga dan komunitas, tapi bersama Forkopimda, ada Danrem, Dandim, Danlanud, Kapolres, bersatu semua disini,” ungkap Bima Arya.

Yayasan Vihara Dhanagun Bogor Santuni 400 Anak Yatim

Bima menyebut, kegiatan buka puasa bersama di ini merupakan simbol kebersamaan yang sangat luar biasa di Kota Bogor.

“Saya berterima kasih kepada pengurus , yang konsisten melakukan kegiatan sosial ini. Tidak hanya kegiatan buka puasa bersama dan santunan, juga konsisten menyediakan layanan kesehatan gratis bagi kaum duafa tanpa melihat agamanya. Nah saya berharap ke depan ini dijaga, siapapun walikotanya siapapun Forkopimdanya,” terang Bima.

Bima menjelaskan, pesan yang kuat dari sini adalah edukasi sejak dini tentang toleransi, anak-anak ini melihat bagaimana pimpinan, tokoh-tokohnya, walaupun berbeda-beda latar belakangnya, tapi beramal disini untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat. Melalui kegiatan ini anak-anak ini terbiasa melihat perbedaan.

“Nah itu nilai yang mahal dan pesan yang kuat dari sini. Dan akan dirasakan, mereka melihat bagaimana umat Islam berbagai di tempat ibadah ini,” jelas Bima.

Sementara itu, Ketua Panitia Hettyana Yasin Raharja menjelaskan, kegiatan buka puasa bersama di menjadi momentum untuk mempererat tali persaudaraan, dan meningkatkan kebersamaan antar umat beragama di Kota Bogor.

“Tahun ini jumlahnya lebih banyak, lebih dari 400 anak yatim dan lebih dari 200 pendamping di ,” tutur Hettyana Yasin Raharja.

Hettyana menerangkan, kegiatan di Bogor ini sudah berlangsung sejak 2015, dan rencananya pada Minggu 31 Maret 2024 akan mengundang para penyandang disabilitas.

Sebagai informasi kegiatan ini digelar setiap tahun oleh Vihara Dhanagun Bogor bekerjasama dengan Persatuan Gerak Badan (PGB) Peduli, Bogor Sahabats (Bobats), dan Badan Sosial Lintas Agama (Basolia).***

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here