Monday, 27 May 2024
HomeNasionalDampak Bahaya Sering Begadang Menurut dr. Amanda

Dampak Bahaya Sering Begadang Menurut dr. Amanda

Bogordaily.net – dr. Amanda Viega Linda yang bekerja di Rumah Sakit (RS) Murni Teguh Sudirman Jakarta memberikan penjelasan dampak bahaya yang dapat ditimbulkan oleh kebiasaan terhadap tubuh.

Salah satu bahaya utama dari adalah kesulitan untuk mempertahankan konsentrasi yang optimal.

Waktu tidur yang cukup sangat penting bagi fungsi berpikir dan pembelajaran yang efektif.

“Kurangnya tidur dapat mengakibatkan penurunan kewaspadaan, konsentrasi, kemampuan penalaran, serta kemampuan dalam memecahkan masalah,” kata dr. Amanda Viega Linda, Kamis 25 April 2024.

Selain itu, kata dr. Amanda, kurang tidur juga dapat mengganggu kemampuan daya ingat seseorang.

dr. Amanda menjelaskan, bahwa juga dapat menjadi pemicu serius bagi sejumlah masalah yang berpotensi membahayakan tubuh.

“Beberapa penyakit yang dikaitkan dengan kebiasaan termasuk stroke, diabetes, penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung, peningkatan detak jantung, dan tekanan darah tinggi,” jelasnya.

Selain itu, juga meningkatkan risiko terkena obesitas. Terlalu sering memiliki efek yang serupa dengan makan berlebihan dan kurang berolahraga.

“Orang yang sering begadang cenderung mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Tidur yang cukup berperan penting dalam mengatur fungsi dua hormon yang bertanggung jawab atas rasa lapar dan kenyang,” ucapnya.

Selain itu, kurang tidur dapat mengganggu keseimbangan hormon tersebut, menyebabkan perasaan lapar yang berlebihan.

Selain dampak-dampak tersebut, begadang juga dapat mempercepat proses penuaan kulit. Ketika seseorang begadang dan kurang tidur, tubuh akan menghasilkan lebih banyak hormon stres seperti kortisol.

“Hormon ini dapat merusak struktur kolagen pada kulit, protein yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis,” katanya.

Dengan demikian, dr. Amanda menekankan pentingnya tidur yang cukup dan kualitas tidur yang baik sebagai langkah preventif yang penting untuk menjaga tubuh secara menyeluruh.

Menyadari dampak bahaya begadang adalah langkah awal yang penting dalam merawat diri sendiri.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here