Monday, 27 May 2024
HomeEkonomiDari Entredev 2024 Tercipta Lebih Banyak Champion Wirausaha

Dari Entredev 2024 Tercipta Lebih Banyak Champion Wirausaha

Bogordaily.net – Kementerian Koperasi dan UKM () kembali menggelar program Entrepreneur Development (Entredev) 2024 “Dare To Grow” untuk tujuan menciptakan lebih banyak para champion wirausaha termasuk wirausaha-wirausaha mapan yang inovatif dari berbagai pelosok tanah air.

Indonesia memerlukan lebih banyak wirausaha baru dalam menyongsong Indonesia 2045. Maka sebuah transformasi perlu dilakukan untuk mendukung terwujudnya wirausaha berbasis riset, teknologi, dan inovasi sehingga bonus demografi serta tingginya angka usia produktif di Indonesia yang diperkirakan akan mencapai 68 persen dapat dimanfaatkan momentumnya dengan optimal untuk kemajuan bangsa ini.

Entredev 2024 menjadi salah satu instrumen yang digunakan untuk mengundang para entrepreneur atau wirausaha unggulan untuk bergabung dalam program pengembangan kewirausahaan.

Melalui Entredev dimungkinkan bagi wirausaha untuk mendapatkan fasilitas praktik berwirausaha sehingga bisa memiliki tata kelola yang lebih baik agar bertumbuh, berkembang, dan maju lebih cepat. Program ini juga digelar dengan tujuan untuk membantu para entrepreneur untuk mengembangkan bisnisnya agar lebih mapan. Entredev bukan semata wadah untuk sharing knowledge atau pelatihan semata namun berfokus pada sharing goals.

Deputi Bidang Kewirausahaan menjelaskan program Entredev 2024 ini merupakan wujud implementasi Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional untuk percepatan pencapaian target rasio kewirausahaan 3,95 persen di tahun 2024.

“Program Entredev yang sudah berjalan sejak 2021 terbukti mampu membantu wirausaha meningkatkan omzetnya hingga 30-40 persen,” kata . Sebanyak 97 persen peserta yang telah mengikuti program ini mampu menemukan solusi dari berbagai permasalahan bisnis yang dijalankan.

Kemudian terbentuk tata kelola perusahaan secara baik dan tertulis serta terbukti mampu mendongkrak kontribusi wirausaha terhadap pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Selain itu, Entredev periode 2023 terbukti berhasil menciptakan program berkelanjutan melalui sesi Networking Day dan Business Matching.

Sebanyak 34 persen peserta telah berkolaborasi dengan mitra stakeholder hingga tercipta kolaborasi cross category dengan sesama peserta. Bahkan, kata , beberapa peserta unggulan telah berhasil masuk supermarket premium dan terdapat peserta start-up yang berhasil mendapat pendanaan pre Series A. Hal ini membuktikan, program Entredev perlu dilanjutkan demi mencapai target rasio kewirausahaan yang mapan.

“Hasil evaluasi dari program Entredev 2023 telah memberikan dampak yang positif sehingga para peserta yang ikut, menilai program ini sangat membantu untuk memajukan usaha dan perbaikan model bisnis,” kata .

Pada tahun 2024, Entredev berupaya memajukan sektor-sektor unggulan di sektor pertanian, kesehatan, kecantikan, wellness, dan teknologi yang berkelanjutan. Target peserta tahun ini sebanyak 2.300 wirausaha dengan peserta diberikan kesempatan untuk merealisasikan tujuan bisnisnya selama kurang lebih 4 bulan yang dibantu pakar di bidangnya.

Tahapan program Entredev 2024 mencakup sosialisasi dan open call, assessment, konsultasi bisnis dan pendampingan usaha (kegiatan inti), networking, evaluasi dan keberlanjutan. Setelah kegiatan sosialisasi dan open call Entredev 2024 dilanjutkan Entredev Roadshow : Sektor Teknologi pada 15 Februari 2024, Entredev Roadshow 2: Sektor Kesehatan, Kecantikan, dan Wellness pada 22 Februari 2024, Entredev Roadshow 3: Sektor Pertanian pada 29 Februari 2024.

Melalui program entredev diharapkan dapat menghasilkan champion wirausaha inovatif baru yang berkontribusi besar bagi perekonomian nasional. Melalui program Entredev ini diharapkan bisnis wirausaha akan menjadi semakin gesit dan terarah, manajemen usaha semakin tertata, kesempatan promosi dan pameran semakin besar, serta peluang untuk dihubungkan ke berbagai investor sehingga omzetnya bisa meningkat. Dengan begitu diharapkan target rasio kewirausahaan tercapai melalui sinergi dengan berbagai stakeholder termasuk dengan pemerintah daerah.

Salah satu peserta Entredev 2023 Roikhanatun Nafi'ah, CEO Crustea, menyampaikan, berkat ikut Entredev 2023 ia menjadi tahu cara mengoptimalkan bisnis model yang lebih solid serta mendapatkan revenue stream dari banyak pihak. “Di Entredev 2023, saya juga berkesempatan untuk bisa bertemu mentor yang bisa membantu ketika saya sedang mengalami demotivasi. Ekosistem yang ada di dalamnya juga sangat kondusif, saling support, dan memungkinkan terjalinnya banyak kolaborasi,” ucap Roikhanatun.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here