Monday, 27 May 2024
HomeKota BogorDisdukcapil Kota Bogor Gelar Lapak Capil untuk Layanan Pembuatan Akta Kelahiran Anak...

Disdukcapil Kota Bogor Gelar Lapak Capil untuk Layanan Pembuatan Akta Kelahiran Anak Gratis

Bogordaily.net Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor menggelar ‘Lapak Capil' di Kantor Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor pada Selasa, 23 April 2024.

Lapak Capil bertujuan untuk memberikan layanan pembuatan akta kelahiran bagi anak usia 0 sampai 17 tahun secara gratis kepada masyarakat.

Layanan ‘Lapak Capil' ini dibuka mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Selama jam operasional tersebut, masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini tanpa dipungut biaya apapun.

Agar dapat memperoleh pembuatan akta kelahiran, masyarakat diwajibkan untuk melengkapi beberapa persyaratan.

Antara lain, fotocopy KTP orang tua, fotocopy kartu keluarga, fotocopy buku nikah orang tua, serta surat keterangan kelahiran yang diterbitkan oleh dokter, bidan, atau Kelurahan setempat.

Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan, khususnya dalam hal pembuatan akta kelahiran.

Dengan adanya ‘Lapak Capil' ini, proses administrasi kependudukan dapat lebih cepat dan efisien, serta memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Acara ‘Lapak Capil' ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki dokumen kependudukan yang lengkap dan valid.

Dengan memiliki akta kelahiran yang sah, anak-anak dapat menikmati hak-haknya secara penuh, seperti akses pendidikan, kesehatan, dan perlindungan sosial.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah Kota Bogor dalam menciptakan pelayanan publik yang lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Melalui berbagai program seperti ‘Lapak Capil', diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here