Tuesday, 7 May 2024
HomeKabupaten BogorDishub Kabupaten Bogor Petakan Titik Kemacetan di Puncak saat Libur Lebaran

Dishub Kabupaten Bogor Petakan Titik Kemacetan di Puncak saat Libur Lebaran

Bogordaily.net– Antisipasi kemacetan di kawasan Puncak, Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor memetakan sembilan titik rawan kemacetan di jalur wisata Puncak selama momentum libur Idulfitri 1445 Hijriah.

Saat ini Pemkab dan pihak Polres Bogor serta petugas gabungan mengerahkan personel untuk menjaga ketertiban, dan kelancaran, serta keamanan pemudik.

Sekretaris Dadang Kosasih mengatakan sembilan titik kemacetan di kawasan Puncak di antaranya Simpang Gadog, Cipayung, Megamendung, Hankam. Lalu di Pasar Cisarua, Tugu, dan Gunung Mas.

“Terkait kemacetan, Dishub membantu kepolisian kalau ada yang stuck segala macam, anggota dikerahkan,” kata Dadang Kosasih.

Menurutnya, untuk mengatasi kemacetan di lapangan, membantu kepolisian dengan menempatkan lima hingga enam personel di masing-masing titik rawan terjadi kemacetan.

Selain itu, menggunakan teknologi Area Traffic Control System (ATCS) untuk memantau kemacetan selama momentum Lebaran.

Melalui sistem pemantau lalu lintas tersebut, personel dapat gerak cepat melakukan penanganan jika terjadi kemacetan.

“Karena pemantauan melalui ATCS ini sangat real time. Ketika ada potensi kemacetan kita bisa optimalkan tim di lapangan untuk mencegah dan mengurainya,” ungkap Dadang.

Sementara itu, untuk mendukung penggunaan ATCS, menyiagakan 435 personel yang tersebar di 10 titik pos pengamanan (pospam).

Puncak kunjungan wisata di Kabupaten Bogor itu, diperkirakan terjadi pada H+2 Lebaran 2024. Sampai Rabu ini, terpantau kunjungan belum seramai hari-hari padat pengunjung. (Albin Pandita)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here