Thursday, 2 May 2024
HomeNasionalGempa Dahsyat Guncang Taiwan, Begini Kondisi WNI

Gempa Dahsyat Guncang Taiwan, Begini Kondisi WNI

Bogordaily.net –  dahsyat mengguncang dengan magnitudo 7,7 Rabu 3 April 2024. Getaran juga terasa sampai ke Jepang, Filipina, dan sejumlah wilayah di China.

Melansir CNN Indonesia, media lokal China Times melaporkan sistem kereta MRT di Taipei. Dan beberapa kota lainnya ditangguhkan usai bumi dahsyat magnitudo 7,7.

Biro New Taipei Rapid Transit atau MRT mengonfirmasi terdapat jalur rel kereta yang bergeser imbas gempa dahsyat tersebut.

Pada sebuah video yang beredar di media sosial, tampak momen menegangkan saat penumpang kereta MRT terjebak di dalam gerbong ketika gempa.

Guncangan bahkan terasa sangat besar sampai membuat laju kereta diperlambat. Gempa juga memicu gedung runtuh, jalanan amblas, hingga bukit longsor di dekat pusat gempa.

Taipei Times mengabarkan gempa yang berlangsung sekitar pukul 07.58 waktu lokal itu berpusat sekitar 25 kilometer dari tenggara Kota Hualien. Dengan kedalaman 15,5 kilometer. Beberapa gedung di Hualien dikabarkan ambruk tak lama gempa berlangsung.

Kondisi WNI di

Di sisi lain, Juru bicara Kemlu RI Lalu Muhamad Iqbal menyebut kementerian telah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar RI di Tokyo dan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) .

“Hasil koordinasi Kemlu dengan KBRI Tokyo dan KDEI Taipei, sejauh ini tidak ada WNI yang menjadi korban gempa bumi di maupun di Prefektur Okinawa, Jepang,” kata Iqbal dalam keterangannya.

Sementara itu Badan seismologi Jepang dan Filipina mengeluarkan peringatan tsunami menyusul gempa tersebut. Di Jepang, bahkan tsunami kecil 0,3 meter sempat terjadi di Pulau Yonaguni, barat daya Jepang. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here