Monday, 27 May 2024
HomePolitikGerindra - PKB Deklarasi Koalisi Usung Satu Calon Wali Kota Bogor

Gerindra – PKB Deklarasi Koalisi Usung Satu Calon Wali Kota Bogor

Bogordaily.net — Koalisi pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) tak mesti sama dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Jika di Pilpres Gerindra dan PKB berbeda gerbong, namun dalam Pilkada Gerindra dan PKB memilih berkoalisi untuk mengusung calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota terbaik.

DPC Gerindra dan DPC PKB sepakat melakukan deklarasi koalisi bertempat di Kafe Teras Dara, , pada Rabu, 24 April 2024. Selain pembacaan deklarasi, ditandatangani pula nota kesepakatan oleh Ketua DPC Gerindra , Sofyan, dan Ketua DPC PKB , Dewi Fatimah, serta masing-masing Sekjen.

Acara deklarasi ini juga dihadiri perwakilan pengurus DPP dan DPW masing-masing partai serta pengurus dan kader kedua partai.

Kedua partai bersepakat untuk secara seiring bersama mengusung satu calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang sama pada Pilkada . Siapa calonnya, masih dalam proses penjaringan oleh kedua partai.

Ketua DPC Partai Gerindra , Sofyan, mengatakan, sebelum deklarasi pihaknya sudah intens berkomunikasi dan bertemu dua kali dengan Ketua DPC PKB .

“Gerindra dan PKB punya visi misi DNA persepsi yang sama untuk memilih pemimpin Kota Bogor yang lebih baik ke depan. Kami sama-sama nasionalis religius dan pada 2013 pernah berkoalisi memilih Calon Wali Kota Bogor. Intinya kami sama-sama butuh,” ujarnya.

Saat ditanya apakah koalisi ini telah mendapat persetujuan DPP masing-masing, menurut Sofyan bahwa di tingkat nasional Gerindra dan PKB pada Rabu, 24 April 2024 sedang melaksanakan pertemuan dalam penjajakan koalisi. “Kami lebih duluan,” ucapnya.

Lantas siapa Calon Wali Kota Bogor yang bakal diusung koalisi Gerindra dan PKB, Sofyan menegaskan bahwa masing-masing partai masih melakukan proses penjaringan yang pada ujungnya akan mengerucut pada satu calon pilihan terbaik.

“Calonnya harus sama. Mudah-mudah di Juni atau Juli sudah muncul namanya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Kota Bogor, , mengemukakan bahwa koalisi ini ibarat cinta lama bersemi kembali lantaran Gerindra-PKB di Kota Bogor pernah berkoalisi pada 2013 silam.

“Mudah-mudahan koalisi yang sempat terputus ini menghasilkan yang terbaik karena kami memiliki visi yang sama. Kami optimistis bisa berjalan lancar,” katanya.

Wakil Ketua DPW PKB Jawa Barat, Heri Firdaus, menambahkan, PKB sepakat menyiapkan calon pemimpin Kota Bogor untuk 5-10 tahun ke depan. “Siapapun sosok yang terbaik yang disepakati oleh Gerindra, PKB siap dukung. Dan PKB siap mendukung program pemerintahan Prabowo-Gibran di Kota Bogor,” imbuhnya.
(Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here