Monday, 20 May 2024
HomeBeritaGoogle Doodle Hari Ini Senin, 29 April 2024 Tampilkan Tari Rangkuk Alu,...

Google Doodle Hari Ini Senin, 29 April 2024 Tampilkan Tari Rangkuk Alu, Berikut Sejarahnya

Bogordaily.net  hari ini Senin, 29 April 2024 menampikan ilustrasi tentang . Berikut asal usul dan sejarah Tarian Rangkuk Alu yang menjadi hari ini Senin, 29 April 2024.

Saat membuka laman mesin pencarian Google tampak halaman utama didominasi dengan warna hijau.

Terdapat pula sebuah gambar kotak-kotak bertuliskan Google dan dua kaki di tengah-tengah huruf G. Ketika diklik lalu muncul keterangan “Merayakan Tarian Rangkuk Alu”.

Baca Juga: Google Doodle Tampilkan Hari Kabisat 2024, Apa Itu?

Sejarah dan Asal Usul  

Dilansri dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Tarian Rangkuk Alu berasal dari Manggarai yang merupakan daerah di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pada mulanya tarian ini merupakan permainan tradisional masyarakat Manggarai Folres. Dalam permaianannya, bambu disusun dan dimainkan dengan cara diayunkan seperti dijepit oleh beberapa orang pemain.

Nah, satu atau dua di antara pemain kemudian melompat-lompat dengan tujuan untuk menghindari jepitan bambu tersebut.

Ketika melompat-lompat menghindari jepitan, para pemain ini seperti melakukan gerakan tari. Dari situlah mulanya gerakan dasar terbentuk.

Gerakan para penari dan pemain bambu ini pun dipadukan dengan irama musik juga lagu daerah. Sehingga perpaduan gerakan dan musik menghasilkan .

Dahulu, tarian ini sering dipertontonkan saat selesai panen raya serta bulan purnama. Remaja di Manggarai lalu berkumpul dan meramaikan acara panen raya serta bulan purnama tersebut.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here