Monday, 27 May 2024
HomeBeritaJarak Iran ke Israel yang Rudalnya Melintasi Dua Negara

Jarak Iran ke Israel yang Rudalnya Melintasi Dua Negara

Bogordaily.net – Jarak ke Israel jadi perbincangan publik dunia setelah peluncuran serangan balik yang jadi pemberitaan dunia.

Serangan langsung yang dilakukan tersebut merupakan pertama kalinya dalam catatan konflik militer Timur Tengah yang melibatkan dan Israel.

Kendati demikian, tak sedikit rudal yang diklaim berhasil dicegat alias ditumpas militer Amerika Serikat (AS) maupun militer Yordania.

Terbaru, militer Yordania beralasan, rudal-rudal mengancam keamanan lantaran melewati wilayah otonomi negara.

Jarak ke Israel

Selain menembus jarak beribu-ribu mil, rudal yang menghujani Israel bahkan melewati dua negara.

Jarak serangan titik awal ke Israel setara dengan jarak Inggris ke Ukraina.

Yakni sekitar 1.100 mil atau sejauh 1.770 kilometer.

Sementara itu, sebagian besar dari lebih dari 300 amunisi , yang sebagian besar diyakini telah diluncurkan dari dalam wilayah selama serangan lima jam.

“Dicegat sebelum mencapai Israel, lebih dari 1.100 mil (1.770 kilometer) dari peluncurannya,” tulis media tersebut.

Sebelumnya, rudal ke Israel yang dicegat Yordania tersebut sempat membuat geger internasional.

Yordania dianggap sejumlah analis geopolitik memberikan bantuan ke Israel dengan ikut menembaki jatuh drone-drone yang diluncurkan Iran dalam serangan tiga gelombang, Minggu (14/4/2024).

Tuduhan ikut membantu Israel itu dibantah Yordania dengan menekankan mereka hanya menembak benda asing apapun yang berada di wilayah udara mereka.

Penjelasan Yordania

Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri dan Urusan Ekspatriat Yordania, Ayman Al-Safadi, pada Minggu menegaskan, kebijakan penembakan benda asing di langit Yordania -berasal dari manapun- adalah protokol tetap aturan keamanan negaranya.

“Setiap drone atau rudal yang menembus wilayah udara Yordania akan dihadang untuk mencegahnya menimbulkan kerugian di Yordania atau ancaman bagi warga Yordania,” katanya dilansir Khaberni, dikutip pada Senin (15/4/2024).***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here