Saturday, 12 October 2024
HomeKota BogorLewat TajoorTradmarkt, Ruang Rampai Kukuhkan Prakarsa Kreatif di Kota Bogor

Lewat TajoorTradmarkt, Ruang Rampai Kukuhkan Prakarsa Kreatif di Kota Bogor

Bogordaily.net Community Mall Ruang Rampai kini hadir di Tajur Trade Mall, salah satu pusat perbelanjaan ikonik di Kota Bogor.

Ruang Rampai sendiri hadir sebagai respons dari berkembangnya berbagai pelaku ekonomi kreatif, pergerakan komunitas, dan pelaku UMKM di area Bogor.

Pergerakan community mall ini diawali dengan perhelatan acara musik bertajuk Selatan di Kota Hujan yang menghadirkan berbagai musisi ternama Kota Bogor.

Mulai dari Still Virgin, Swellow, The Basement Dry, Topi Jerami, Hidden Message, Tomskate, The Jansen, hingga Cause.

Acara yang dihadiri lebih dari 600 orang itu didukung oleh berbagai komunitas di Kota Bogor.

Community Mall Ruang Rampai hadir di Tajur Trade Mall. (Istimewa/Bogordaily.net)

Hal itulah menjadi awal bagi Ruang Rampai untuk dapat menjadi ruang baru bagi seluruh komunitas, pelaku ekonomi kreatif, dan pelaku UMKM dalam melakukan eksplorasi dan berinovasi. Tujuannya untuk bersama-sama memajukan industri kreatif kota dan Kabupaten Bogor.

Iqbal Mahendra M Adividya selaku Co-founder Ruang Rampai menyebutkan bahwa Ruang Rampai diharapkan bisa menjadi ruang baru bagi komunitas kreatif dan pelaku UMKM di Kota dan Kabupaten Bogor.

Adanya Ruang Rampai seharusnya dapat menjadi katalisator bagi pergerakan-pergerakan kreatif baru yang lebih progresif dan inovatif. Sekaligus mendorong kolaborasi antar pelaku ekonomi dan komunitas kreatif.

Ruang Rampai sendiri dibuka secara resmi untuk umum pada 19 April 2024. Peresmian ini ditandai dengan pagelaran acara TajoorTradmarkt yang digelar pada 19-21 April 2024. Ingin melupakan sejarah dari ‘rumah’ aslinya, nama Tajoor Tradmarkt pun diambil Tajur Trade Mall.

“Kami ingin terus membawa nama Tajur Trade Mall yang selama ini sudah dikenal oleh masyarakat, sehingga acara ini kami sebut dengan TajoorTradmarkt,” ujar Iqbal Minggu, 21 April 2024.

TajoorTradmarkt diramaikan oleh berbagai brand asal Bogor, seperti Treant, Paalm, Chemistry, Bakmi Haopeng, Nasgor Babat Konco Luwe, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya brand lokal Bogor yang terlibat, melainkan ada juga jenama besar, seperti Tomoro dan Es Teh Indonesia.

Selain berbelanja dan menikmati berbagai jajanan, TajoorTradmarkt juga menghadirkan The Nifty Radio, Hadson, The Safari, Masepakabar, Mikaila & Rully, Tua-Tua Keladi, Ambarila, Dreane, dan The Basement Dry, kegiatan komunitas taekwondo, vespa, sepeda, dan diecast.

Ada juga kegiatan menarik lainnya, seperti workshop kreatif tentang musik, digital marketing, dan perfumery workshop.

Sesuai namanya, kata Iqbal, Ruang Rampai diharapkan bisa menjadi seperti istilah bunga rampai yang berarti kumpulan karya tulis.

“Dalam hal ini, kami berharap Ruang Rampai bisa menjadi wadah baru bagi kumpulan karya dari komunitas dan pelaku UMKM di area Bogor,” katanya.

Pembukaan Ruang Rampai turut dihadiri Dedie A Rachim. Mantan Wakil Walikota Bogor itu mengatakan kehadiran Ruang Rampai menjadi terobosan baru dan kreativitas bagi pelaku usaha untuk mencari solusi dalam kepentingan di situasi kekinian.

“Jadi memang kreatif di Kota Bogor ini sedang maju dan berkembang. Kalau memang ini difasilitasi (Ruang Rampai), saya pikir tempat ini akan ramai dan juga cukup menjadi tempat yang cocok untuk anak-anak muda,” kata Dedie. (Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here