Monday, 27 May 2024
HomeKabupaten BogorMelalui LARAS, RSUD Cibinong Terus  Tingkatkan Pelayanan Pasien

Melalui LARAS, RSUD Cibinong Terus  Tingkatkan Pelayanan Pasien

Bogordaily.net – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong terus berupaya meningkatkan mutu layanan, salah satunya berhasil memangkas waktu tunggu pelayanan rawat jalan melalui proyek LARAS. 

Program pelaksanaan optimalisasi waktu tunggu ini berkolaborasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Direktur , Yukie Meistisia Satoto mengungkapkan bahwa, dalam memberikan dukungan adanya transformasi pelayanan kesehatan yang dicanangkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan pelaksanaan program JKN yang semakin baik.

Sehingga diperlukan inovasi yang berorientasi dalam peningkatan mutu layanan salah satunya adalah kemudahan dan kecepatan dalam mengakses pelayanan rawat jalan rumah sakit.

“Menindaklanjuti proyek LARAS sebagai upaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di dibentuk tim pelaksanaan optimalisasi waktu tunggu pelayanan rumah sakit. Dari semula lamanya waktu antrian rawat jalan di yakni 4 jam 44 menit 23 detik menjadi 1 jam 50 menit, bahkan ada yang sampai 1 jam 21 menit,” kata dr Yukie.

Ia mengatakan, membentuk tim pelaksanaan optimalisasi waktu tunggu pelayanan rumah sakit yang akan membantu memantau proses pelaksanaan kegiatan rumah sakit tersebut.

Tugas tim pelaksanaan antara lain, melakukan koordinasi dengan BPJS Kesehatan Cabang Cibinong terkait pelaksanaan kegiatan, melakukan pengumpulan data dan informasi terkait kegiatan, melakukan identifikasi masalah terhadap objek pelaksanaan bersama BPJS Cabang Cibinong. 

Sekaligus melakukan analisis masalah dan penentuan solusi terhadap identifikasi masalah yang ditemukan dan yang terakhir melakukan implementasi dan monitoring evaluasi solusi yang ditetapkan.

“Monitoring dan evaluasinya kita lakukan secara ketat, sehingga kita bisa bekerja sesuai dengan target yang ditentukan, jadi tantangan apapun bisa kita hadapi,” jelasnya.

Ia turut menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada BPJS Kesehatan atas bimbingan dan pendampingannya dalam proyek LARAS yang dilakukan sebagai upaya membantu optimalisasi waktu tunggu pelayanan rawat jalan di rumah sakit.

Harapannya bersama BPJS kita semakin bisa meningkatkan aksesibilitas bagi masyarakat khususnya untuk layanan rujukan dan juga memantik inovasi lainnya.

Sebagai informasi, LARAS merupakan metode yang digunakan untuk mewujudkan pelayanan yang mudah dan cepat. Masyarakat dapat mengoptimalkan antrian online, sehingga penumpukan di rumah sakit dapat terurai.

Tujuannya untuk percepatan waktu pelayanan rawat jalan di rumah sakit, sehingga peningkatan mutu betul-betul bisa dirasakan.***

(Albin Pandita)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here