Friday, 3 May 2024
HomeNasionalMengenal Induksi Laktasi yang Dilakukan Ibu untuk Bayi

Mengenal Induksi Laktasi yang Dilakukan Ibu untuk Bayi

Bogordaily.net merupakan metode untuk merangsang produksi ASI pada ibu yang tidak mengalami kehamilan. Dengan metode ini, seorang ibu yang mengadopsi memiliki kesempatan untuk menyusui buah hatinya.

Dikutip dari Alodokter, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan pemberian ASI eksklusif kepada selama 6 bulan pertama dan sebisa mungkin dilanjutkan hingga berusia 2 tahun dengan disertai makanan pendamping ASI atau MPASI.

ASI nutrisi terbaik untuk bayi. Produksi ASI dipicu oleh interaksi tiga hormon selama kehamilan, yaitu estrogen, progesteron, dan human placental lactogen yang diproduksi oleh plasenta.

Proses harus dimulai beberapa minggu atau beberapa bulan sebelum bayi yang hendak diadopsi lahir. Untuk meningkatkan keberhasilan proses ini, ibu adopsi harus memiliki hal-hal sebagai berikut:

  • Keinginan yang kuat
  • Sugesti positif, keyakinan, dan rasa percaya diri
  • Perasaan tenang dan tidak stres
  • Asupan gizi yang baik agar stamina selalu terjaga

Jika dimulai setelah bayi lahir, ibu adopsi harus lebih sering menyusui dan memompa ASI untuk meningkatkan produksinya.

Namun, bila bayi tidak puas karena produksi ASI kurang, ibu adopsi dapat menggunakan alat berbentuk selang yang ditempelkan di payudara agar bayi tetap mau menyusu.

Di Bogor, ada kinik yang cocok bagi ibu untuk berkonsultasi terkait pemberian ASI dengan para tenaga medis yang ahli di bidangnya.

Layanan tersebut diantaranya, konseling , konseling MP-Asi, relaktasi dan relaksasi, breast care, ASI tidak cukup, bayi menolak menyusui, gangguan pada puting, dan masalah lainya terkait menyusui.

Bagi masyarakat Bogor dan sekitarnya yang memiliki gangguan serta ingin konsuktasi terkait layanan bisa langsung konsultasi di Rumah Sakit (BSH).

Rumah Sakit BSH adalah rumah sakit umum yang mempunyai unggulan perawatan bagi orang usia lanjut. Rumah sakit ini juga dapat menjadi tolak ukur bagi institusi kesehatan di tingkat nasional dan internasional.

Bogor Senior Hospital didukung oleh tenaga dokter yang andal dan tenaga kesehatan lainnya yang terampil.

Tak hanya itu itu Bogor Senior Hospital memiliki pusat rehabilitasi medik yang dilengkapi dengan hydrotherapy dan pelayanan lainnya. Sehingga membuat pasien lansia dapat memperbaiki kualitas hidup lebih baik.

RS BSH merupakan salah satu rumah sakit terkemuka yang berlokasi di Jalan Raya Tajur No.168, Muarasari, Bogor Selatan, Kota Bogor.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan Rumah Sakit BSH silahkan menghubungi 0251 7556 777 atau 0817 7099 8889. Atau kunjungi website www.bogorsenior.com dan akun Instagram @rs.bsh.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here