Thursday, 16 May 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor Hadiri Pembukaan MTQ Ke-38 Tingkat Jawa Barat

Pemkab Bogor Hadiri Pembukaan MTQ Ke-38 Tingkat Jawa Barat

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menghadiri Malam Taaruf dan Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-38 Tingkat Provinsi Jawa Barat, di Plaza Pemerintah Kabupaten Bekasi, pada Minggu malam 28 April 2024.

Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengungkapkan, diselenggarakannya MTQ jadi sarana umat muslim untuk memperkaya pengalaman keagamaan dan memperdalam pemahaman terhadap Al-Qur’an serta memperkuat ikatan spiritual dengan Allah SWT.

Menurutnya, Al-Qur’an adalah sumber inspirasi dan pedoman bagi seluruh umat muslim dalam menjalani kehidupan yang penuh makna dan berkah.

“Tentunya, terima kasih kepada penyelenggara kegiatan ini. Dengan kegiatan ini kita turut mencintai keindahan serta keagungan Al-Qur’an. Selain ajang menghormati kandungan Al-Qur’an, MTQ juga jadi simbol kecintaan umat Islam terhadap Al-Qur’an. Serta menjadi wadah untuk memelihara dan menyebarkan nilai-nilai  agama yang luhur,” kata Pj. Gubernur Jabar.

Kemudian, Pj. Bupati Bekasi sekaligus sebagai Ketua Panitia LPTQ Jawa Barat, Dodo Suhendar mengatakan, ada 1.127 peserta lomba MTQ ke-38 tingkat Jabar ini yang terdiri dari 517 orang putra dan 548 putri. 

Ada dua belas kategori yang dilombakan, yakni Tilawah Dewasa dan Qiraat Wujawwad, kategori Tilawah Remaja dan Disabilitas Netra. 

Lalu kategori Tartil dan Tilawah Anak-anak, kategori Qiraat Murotal Remaja dan Dewasa, serta kategori Tahfidz 1 juz dan 5 juz, Tahfidz 10 juz dan 20 juz. 

Selanjutnya, Tahfidz 30 juz dan Tafsir Bahasa Inggris, Tafsir Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab, kategori lainnya yakni, Fahmil Qur’an dan Sahfil Qur’an. Serta karya tulis ilmiah juga kategori Fatwa Al-Qur’an

“Pelaksanaan kegiatan MTQ ke-38 ini akan berlangsung dari 27 April hingga 5 Mei 2024. Alhamdulilah untuk Pawai Taaruf tadi pagi antusias masyarakat cukup tinggi ada sekitar 13 ribu peserta dan masyarakat yang ikut memeriahkan kegiatan pawai taaruf,” ungkap Dodo Suhendar.***

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here