Monday, 6 May 2024
HomeHiburanReview dan Sinopsis Film The First Omen: Vulgar dan Agak Menjijikan Sih?

Review dan Sinopsis Film The First Omen: Vulgar dan Agak Menjijikan Sih?

Bogordaily.net dan The First Omen menarik untuk diulas. Bagi pecinta film horor pasti tidak asing dengan judul film tersebut, sebab pada tahun 1976 silam, ada film horor berjudul The Omen.

The First Omen merupakan prekuel dari The Omen yang telah tayang lebih dari 4 dekade lalu. 

Sinopsis The First Omen menyajikan asal muasal sejumlah peristiwa mengerikan yang terjadi dalam The Omen.

Apabila pada film sebelumnya fokus pada kisah Damien, seorang anak dari dunia satan maka The First Omen akan mengulik konspirasi di dalam gereja. 

Seperti apa sinopsis, alur cerita dan dari film horor terbaru ini? Yuk kita ulas!

Cuplikan Trailer

Trailernya dibuka dengan seorang perempuan berdiri di atas balkon panti asuhan Vizzardeli. 

Perempuan itu terlihat tersenyum dan melambaikan tangan pada anak-anak di bawahnya, kemudian ia menyalakan korek api.

Aksi itu beralih pada teriakan dan kerumunan orang-orang yang berlari meninggalkan tempat tersebut. L

Video itu kemudian menampilkan kondisi seorang perempuan yang berteriak kesakitan dan ketakutan dalam ruang operasi.

“Kau tak perlu takut,” ucap dokter laki-laki yang melakukan tindakan operasi tersebut. “Tuhan punya rencana besar untukmu.”

Pasca menjalani operasi, perempuan itu tertawa dan kembali berteriak. Dalam teriakannya, terdapat suatu tanda yang terletak di langit-langit mulut perempuan itu.

Margaret (Nell Tiger Free) perempuan asal Amerika yang dikirim ke Roma untuk pelayanan menyadari kejanggalan-kejanggalan pada kedua tempat tersebut.

Ia kemudian mencari tahu hubungan kejadian-kejadian tersebut dengan konspirasi yang terjadi di dalam gereja.

The First Omen

Sementara itu, secara garis besar The First Omen menceritakan kisah perjalanan wanita muda asal Amerika bernama Margaret Daino.

Ia diutus untuk ke Roma dan menjadi biarawati dengan bekerja di panti asuhan di sebuah gereja.

Sebagai seorang yang religius dan murni, Margaret Daino mencoba untuk melakukan tugasnya dengan baik. 

Namun, setelah melakukan pelayanan di gereja, ia justru menemukan hal yang tak terduga.

Bukannya menjadi semakin religius, Margaret Daino malah merasa dihantui oleh kegelapan. 

Bahkan hal itu sampai membuatnya mempertanyakan tentang keimanannya sendiri. 

Margaret Daino merasakan kegelapan terus mengikutinya yang digambarkan dengan adanya burung gagak di sekitarnya.

Keraguan Margaret Daino atas gereja yang ia layani makin kuat saat ia melihat simbol-simbol kegelapan yang muncul di tempat dirinya berada. 

Margaret Daino tak sepenuhnya mengerti apa yang terjadi, tapi ia meyakini satu hal bahwa ada konspirasi jahat yang tengah terjadi di gereja.

Ia mulai menyelidiki hal-hal di sekitarnya dan menemukan intrik dan ritual mengerikan yang terjadi di gereja. 

Tak disangka konspirasi itu berhubungan dengan upaya kelahiran kembali iblis ke dunia. 

Margaret Daino kian terkejut ketika menyadari bahwa konspirasi itu juga tengah mencoba untuk menghidupkan kembali Anti-kristus.

Para Cast Film The First Omen 

Film ini juga dibintangi sejumlah bintang top.

Arkasha Stevenson, sutradara The First Omen menggandeng banyak artis besar untuk berperan dalam film garapannya. Ini dia daftar pemain film The First Omen:

  • Nell Tiger Free sebagai Margaret Daino
  • Sônia Braga sebagai Sister Silvia
  • Ralph Ineson sebagai Father Brennan
  • Bill Nighy sebagai Cardinal Lawrence
  • Tawfeek Barhom sebagai Father Gabriel
  • Maria Caballero sebagai LuzValez
  • Nicole Sorace sebagai Carlita Skianna
  • Charles Dance

Jadwal Tayang di Bioskop 

Awalnya The First Omen dijadwalkan untuk tayang perdana pada 5 April 2024. Seperti terungkap dalam trailer yang dipublish oleh tim produksi. 

Namun, akhirnya The First Omen tayang lebih cepat dari jadwal awal.

Pecinta film di Indonesia sudah bisa menyaksikan kisah seram dan mencekam dari The First Omen sejak 3 April 2024 kemarin. Ya, saat ini The First Omen sedang tayang di bioskop-bioskop tanah air.

Film The First Omen

Film The First Omen ini cukup bagus. Namun banyak sekali adegan-adegan yang tidak disensor dan menambah ketegangan dalam film ini. 

Seperti adegan saat melahirkan, kecelakaan, potongan tubuh saat kecelakaan, tidak ada yang disensor sehingga Lembaga Sensor Film Indonesia menobatkan film ini dengan kategori 17+. 

Tidak hanya itu, jumpscare yang disajikan cukup baik dan membuat saya cukup kaget. Pada beberapa adegan, ada karakter-karakter supranatural yang muncul dan membuat kaget. 

Visual dan sinematografi dalam film ini dibuat sangat indah dan estetik. Sehingga para penonton awalnya tidak mengira bahwa akan ada adegan-adegan menyeramkan di tengah film.

Selain itu, akting para pemain dan karakter dalam film ini juga sangatlah memukau. Contohnya karakter Margaret Diano yang diperankan oleh Nell TIger Free.

Dalam film tersebut, Nell Tiger Free berakting sangat memukau karena ia bisa melakukan gerakan-gerakan aneh dan unik jelang dirinya hamil anak iblis yang akan menjadi Antikristus.

Untuk cerita yang ingin disampaikan juga dituangkan cukup baik. Banyaknya plot twist di beberapa alur seperti yang awalnya penonton dibawa fokus ke sosok Carlita, ternyata malah Margaret Diano sendiri yang akan menjadi ibu Antikristus.

The First Omen ini bagi sebagian orang memberikan kejelasan terkait kelahiran Damien yang menjadi pemeran utama dalam film lampaunya.

Selain itu, di akhir kita dibawa ke alur cerita baru dengan kehadiran rival Antikristus, yang merupakan anak kembar dari Damien untuk menambah kompleksitas cerita serta asumsi adanya sekuel dari The First Omen.

Fakta Film The First Omen 

Terlepas dari kehororan filmnya. Ada beberapa informasi yang patut diketahui sebelum menonton film ini.

Berikut lima hal yang patut diketahui sebelum menonton The First Omen.

  1. Prekuel The Omen (1976)

The First Omen menjadi prekuel dari The Omen (1976). Hal itu membuat cerita film tersebut diceritakan beberapa waktu sebelum peristiwa The Omen terjadi.

Meski begitu, The First Omen dan The Omen masih memiliki hubungan yang erat. 

Film itu menjelaskan awal kelahiran Damien di dunia serta alasan gereja melahirkan antikristus atau anak keturunan iblis tersebut.

  1. Awal kelahiran Damien

Cerita The First Omen berpusat soal kelahiran Damien Thorn. Damien merupakan bayi keturunan iblis atau biasa juga disebut antikristus.

Kehadiran bayi itu dinantikan karena disebut-sebut dapat menjadi “juru selamat”. Cerita itu dikisahkan dari sudut pandang seorang calon biarawati bernama Margaret Daino.

  1. Berlatar awal 1970-an

The First Omen mengambil latar di Roma pada awal 1970-an, tepatnya pada 1971. Latar itu berkaitan dengan kelahiran Damien Thorn pada 6 Juni 1971 pukul 06.00.

Dengan begitu, cerita The First Omen dimulai beberapa waktu menjelang kelahiran sang anak pada tanggal tersebut.

  1. Diberi label dewasa

Film itu juga mendapat rating dewasa, yakni rating R di Hollywood dan dewasa17+ dari LSF RI. Rating itu berhubungan dengan muatan The First Omen yang mengandung konten kekerasan hingga visual mengerikan.

Beberapa adegan horor dalam The First Omen juga menampilkan visualisasi yang eksplisit berulang kali, sehingga dapat memicu rasa tidak nyaman bagi beberapa penonton.

  1. Debut Film Panjang Sutradara

The First Omen digarap oleh sutradara Arkasha Stevenson. Film ini sekaligus menjadi debut layar lebar sang sutradara setelah mengerjakan sejumlah film pendek dan serial.

Beberapa karya Stevenson selama berkarier sebagai sutradara, yakni film pendek Vessels (2015), Daisy & D (2017), hingga serial Channel Zero (2018) dan Legion (2019).

Itulah sinopsis dan dari film horor terbaru yang berjudul The First Omen.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here