Wednesday, 17 April 2024
HomeOtomotifSebelum Perjalanan Jauh, Simak Tips Bagi yang Mudik dengan Mobil

Sebelum Perjalanan Jauh, Simak Tips Bagi yang Mudik dengan Mobil

Bogordaily.net sebelum dengan mobil khususnya bagi kamu yang akan mudik.

Sebelum melakukan dengan mobil, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa hal. Tujuannya agar perjalanan lancar tanpa kendala dan tiba di kampung halaman dengan selamat.

Berikut perawatan kendaraan sebelum melakukan dengan mobil agar tetap menyenangkan sebagaimana dilansir dari Astra Daihatsu.

Perawatan Kendaraan Rutin 

Perawatan kendaraan secara rutin wajib dilakukan untuk menjaga kinerja tetap optimal. Misalnya mengganti cairan oli mesin dan juga filter oli yang perlu dilakukan setiap 10.000 KM atau 6 bulan sekali.

Perawatan berkala juga mencakup hal-hal lainnya. Seperti pemeriksaan bagian-bagian penting mobil seperti sistem pendingin mobil. Lalu celah katup buang gas, penggantian busi dan lain-lainnya yang sudah sesuai standar.

Periksa Perlengkapan Keselamatan Kendaraan

Memeriksa perlengkapan keselamatan juga sangat penting. Ini akan membantu saat kamu dalam keadaan darurat saat berkendara. Misalnya saat bermasalah di jalan tol, maka membutuhkan perlengkapan safety yang wajib dibawa. Agar dapat melakukan penggantian ban secara darurat dengan aman sebelum penanganan di bengkel. Perlengkapan yang perlu disiapkan seperti kabel jumper, ban cadangan, segitiga pengaman, kotak P3K dan alat pemadam kebakaran.

Cek Tekanan Ban, Volume Oli, Radiator Udara, Wiper Udara dan Lampu

Bagian-bagian penting harus dicek pada mobil seperti ban, air radiator, air wiper dan lampu. Ban menjadi salah satu faktor penting dalam keselamatan di jalan. Termasuk tekanan ban yang harus disesuaikan serta umur ban itu sendiri.

Selain itu memeriksa volume oli dan air radiator juga penting dilakukan. Pastikan ketinggian oli pada dipstick berada di antara titik maksimum dan minimum sehingga mesin terlumasi dengan baik. Sedangkan untuk radiator udara, pastikan dalam keadaan maksimal agar sistem pendingin kendaraan berjalan optimal.

Jangan lupa juga mengecek volume air wiper dan lampu depan serta belakang kendaraan. Saat volume air wiper sudah berkurang, maka tambah dengan carian wiper. Periksa juga kondisi lampu dan pastikan dalam keadaan baik.

Bersihkan Ruang Kabin 

Ruang kabin kendaraan bersih membuat nyaman penumpang sehingga perjalanan akan akan lebih menyenangkan. Pembersihan interior perlu dilakukan dengan cairan khusus agar tidak merusak bagian interior.  Bersihkan dengan kain halus seperti microfiber sehingga tidak meninggalkan bekas baret. Ggunakan juga penyedot debu dan kotoran terutama pada bagian karpet, sela-sela jok dan pintu.

Sediakan Obat-obatan

Obat-obatan sebaiknya disiapkan saat melakukan . Seperti obat anti mabuk di perjalanan, obat pusing dan obat-obatan pribadi lainnya. Tak hanya itu, makanan dan minuman juga sebaiknya disediakan agar perjalanan lebih nyaman.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here