Monday, 27 May 2024
HomeViralSepatu Adidas Samba Sukses Bikin PM Inggris Rishi Sunak Minta Ampun. Begini...

Sepatu Adidas Samba Sukses Bikin PM Inggris Rishi Sunak Minta Ampun. Begini Ceritanya!

Bogordaily.net – Sepatu Samba sukses membuat PM Inggris Rishi Sunak minta ampun dan menyampaikan permintaan maaf.

Ia menyampaikan permintaan maaf gara-gara sepatu Samba yang ia pakai saat melakukan wawancara di Downing Street.

“Saya menyampaikan permintaan maaf yang sebesar-besarnya kepada komunitas Samba. Namun, dalam pembelaan saya, saya akan mengatakan bahwa saya telah mengenakan sepatu termasuk Samba selama bertahun-tahun,” ujar Sunak, dikutip dari Business Standard, Jumat (12/4/2024).

Pada wawancara di Downing Street itu, Sunak membahas tentang kebijakan perpajakan yang diterapkannya.

Namun, semua mata tertuju pada Samba putih bergaris biru tua yang dipadukannya dengan celana skinny dan kemeja putih.

Hal tersebut membuat publik salah fokus dan menuai kontroversi karena kesalahan dalam waktu pemakaian.

Jika membandingkannya dengan kejadian Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris yang berhati-hati dalam mengenakan sepatu Converse Chuck's Taylor, yakni hanya pada saat bepergian atau dalam perjalanan.

Kenapa Dikritik?

Kehebohan mengenai sepatu kets Sunak juga diasumsikan karena banyak orang yang mengira PM terkaya dalam sejarah Inggris ini tak akan mengenakan sepatu seharga 100 dollar AS (sekitar Rp 1,6 jutaan).

Namun, kritik sebetulnya lebih berkaitan dengan momentum dia memakainya.

Lalu, mengapa begitu banyak perhatian masyarakat tertuju pada sepatu tersebut? 

Fakta Samba

Bukan sepatu biasa, ternyata sneakers Samba ini merupakan sneakers ikonik dunia. Berikut beberapa fakta menarik tentangnya:

  1. Diluncurkan pada 1950

Melansir laman HBX, sepatu ini dirilis pada 1950, tepat pada saat Piala Dunia FIFA di Brasil yang berlangsung selama puncak musim panas. 

Sepatu tersebut diberi nama “Samba” yang diambil dari nama genre tarian musik Brasil sekaligus julukan bagi tim nasional Brasil, untuk menyoroti negara tuan rumah Piala Dunia. 

  1. Awalnya Sepatu Sepak Bola

Kala itu, Samba awalnya lahir untuk memenuhi kebutuhan para pemain sepak bola. 

Namun, Samba akhirnya berevolusi untuk melayani olahraga yang lebih luas, seperti futsal di tahun 1970-an, dan skateboard di tahun 1990-an. 

Hingga saat ini, sepatu tersebut dapat dilihat di lapangan sepak bola dalam ruangan, dan pertandingan futsal. 

  1. Berkolaborasi dengan banyak selebritas

Seperti model sepatu kets populer lainnya, Samba telah muncul dalam berbagai kolaborasi selama bertahun-tahun. 

Pada 2020 silam, berkolaborasi dengan merek pakaian laki-laki Wales Bonner sehingga menyebabkan lonjakan permintaan akan sepatu ini. 

Selain itu, juga berkolaborasi dengan penyanyi Pharrel Williams pada November 2022 silam. 

Kolaborasi tersebut meluncurkan warna-warna mencolok, mulai dari ungu, pink, hingga merah mencolok, sesuai warna dari Pharrel.

Terkini, Samba juga berkolaborasi dengan pesepak bola, Lionel Messi, tepatnya pada Februari 2024 silam. 

  1. Dipakai Artis Papan Atas

Sepatu ini banyak digunakan oleh para artis papan atas. Mulai dari A$AP Rocky, Pharrell Williams, Bella Hadid, dan Kaia Gerber. 

Tak hanya itu, Rihanna dan Harry Styles, Kendall Jenner, dan Hailey Bieber juga memakai sepatu yang satu ini. 

Hal ini kemudian menularkan gaya berbusana menggunakan Samba ke seluruh dunia.

  1. Sneakers Ikonis Terpopuler

Samba merupakan salah satu sneakers ikonis terpopuler sepanjang masa, seperti dilansir dari Complex.

Sepatu yang diperkenalkan hanya sebagai sepatu latihan sepak bola pada 1950 itu punya ciri khas garis-garis ramping pada bagian spl luar yang terbuat dari karet.

Sepatu ini sudah berkali-kali ditiru di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. 

Harga Samba, Varian Baru dan Sejarahnya 

Salah satu varian sepatu ini adalah, sepatu kets Adidas Samba Lux “Grey” dirancang untuk menghadirkan tingkat kecanggihan baru pada seri Adidas Samba yang ikonik.

Sejak tahun 1950-an, Adidas Samba telah menjadi produk utama dalam dunia sepatu kets, dengan warisan yang telah bertahan selama lebih dari 70 tahun.

Sepatu kets Adidas Samba Lux dijadwalkan dirilis pada 1 Januari 2024 dengan harga eceran $150 atau Rp2,5 juta. Tersedia melalui Adidas.

Desain sepatu kets Adidas Samba Lux “Grey” adalah masterclass dalam minimalis dan elegan. 

Dibalut dengan warna tunggal “Grey Three”, warna gelap pada bagian atas meluas hingga ke unit sol dan tali vulkanisasi, menciptakan tampilan yang mulus dan kohesif.

Tab tumit dan lapisan dalam, yang ditampilkan dalam warna abu-abu terang, menawarkan kedalaman dan kontras halus terhadap desain keseluruhan, yang biasanya monokrom.

Sepatu kets ini menampilkan detail timbul pada tab lidah dan sol dalam, mempertahankan semangat 3-Stripes dengan cara yang lebih bersahaja.

Logo trefoil metalik, di tengah bagian tengahnya, menggantikan logo profil, menambahkan sentuhan kemewahan pada profil sepatu kets.

Selain desainnya yang ramping, sepatu kets Adidas Samba Lux “Grey” dibuat untuk kenyamanan dan daya tahan.

Penggunaan material nubuck berkualitas tinggi tidak hanya meningkatkan estetika tetapi juga memastikan sneaker yang nyaman dan tahan lama cocok untuk dipakai sehari-hari.

Unit sol yang divulkanisasi memberikan stabilitas dan umur panjang, menjadikan sepatu kets ini pilihan praktis untuk aktivitas kasual dan aktivitas yang lebih menuntut.

Seri Adidas Samba memiliki sejarah panjang; ini pertama kali dibuat pada tahun 1950-an untuk pemain sepak bola.

Sejak itu, sepatu ini telah berkembang dari sepatu olahraga menjadi ikon mode, disambut oleh beragam subkultur dan pecinta mode di seluruh dunia.

Adidas Samba Lux 

Sepatu kets Adidas Samba Lux “Grey” melanjutkan tradisi ini, menawarkan sentuhan segar pada desain klasik dan memperkuat status Samba sebagai sepatu kets yang abadi dan serbaguna.

Kets Adidas Samba Lux “Grey” menunjukkan kemampuan Adidas untuk berinovasi sambil tetap setia pada warisannya. 

Sneakers yang akan tersedia seharga $150 atau Rp2,5 juta pada 1 Januari 2024 ini memberikan perpaduan unik antara desain minimalis dan daya tarik abadi.

Tersedia melalui Adidas US, sepatu ini siap menjadi favorit di antara mereka yang menghargai keanggunan sederhana pada alas kaki mereka.

Seiring Adidas terus memperbarui desain klasiknya, Samba Lux “Grey” berdiri sebagai simbol komitmen merek terhadap kualitas, gaya, dan daya tarik abadi dalam dunia sepatu kets.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here