Friday, 24 May 2024
HomeOtomotifTips Mencegah Mobil Kebakaran, Cek Sebelum Perjalanan Jauh

Tips Mencegah Mobil Kebakaran, Cek Sebelum Perjalanan Jauh

Bogordaily.net mencegah sangat penting diketahui terutama bagi yang akan melakukan perjalanan.

Mencegah terjadinya kecelakaan sebaiknya dipersiapkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Termasuk mencegah dan simak berikut:

Jangan Menyimpan Barang Mudah Terbakar Dalam Mobil

Melansir Daihatsu.co.id salah satu cara mencegah yakni tidak menyimpan barang yang mudah terbakar di dalam mobil.

Tidak sedikit kasus terbakarnya mobil karena pengendara menyimpan barang yang mudah terbakar di dalam mobil. Barang yang mudah terbakar seperti parfum cair, korek api gas, thinner, bensin, dan lain-lain. Tak hanya itu ponsel yang di-charge juga bisa saja menjadi pemicu kebakaran.

Baca Juga: Doa Selamat Sampai Tujuan, Simak Sebelum Liburan

Cek Oli Mesin Mobil

Cek oli mesin mobil sangat penting dilakukan untuk menghindari kebocoran. Cairan oli yang menetes dapat terbakar apabila mengenai bidang panas seperti pipa knalpot. Sehingga bisa menjadi pemicu mobil terbakar. Apalagi jika tidak rutin mengganti oli, maka senyawa kimia oli pun bisa berubah.

Perubahan senyawa oli bisa membuat mesin menjadi cepat panas, komponennya aus dan dapat menimbulkan kebakaran. Oleh karena itu pastikan oli di mobil kamu tidak bocor. Jika ada kebocoran segeralah perbaiki.

Jauhi Sumber Api

Menghindari kebakaran mobil berikutnya yakni jangan parkir di tempat yang dekat dengan sumber api. Sebaiknya jauhi sumber api. Tidak sedikit masyarakat asal parkir tanpa memperhatikan keadaan sekitar.

Misal di area dekat dengan pembakaran sampah. Mungkin saja bara api sisa pembakaran terbang dan mengenai bagian mobil yang rentan terbakar. Mesin mobil yang masih panas dapat menimbulkan percikan api hingga kebakaran.

Jangan Abaikan Panel Indikator

Panel indikator berperan penting menjadi penanda masalah pada mobil. Seperti saat ada indikator suhu mesin naik, berarti terdapat masalah pada bagian mesin mobil. Jika terdapat masalah tertentu, kamu harus segera mengecek agar tidak menyebabkan .

Siapkan Alat Pemadam Api Ringan

mencegah berikutnya adalah menyediakan alat pemadam api ringan atau APAR di dalam kabin. Alat ini memiliki manfaat untuk memadamkan mobil saat terbakar.

Itulah menghindari kebakaran mobil yang penting diketahui terlebih bagi kamu yang akan melakukuan perjalanan jauh.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here