Sunday, 14 April 2024
HomeNasionalVideo Detik-detik Longsor Jalan Tol Bocimi dan Mobil Terperosok, Lalulintas Ditutup! 

Video Detik-detik Longsor Jalan Tol Bocimi dan Mobil Terperosok, Lalulintas Ditutup! 

Bogordaily.net –  Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) KM 64 arah Sukabumi, di Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi

Dugaan sementara itu dipicu  gerusan air saat hujan deras yang terjadi pada Rabu (3/4/2024).

Video detik-detik longsor itu pun viral di media sosial. Nampak ruas jalan itu ambrol dan sebuah mobil ikut terperosok ke dalamnya.

“Diduga terjadi karena gerusan air akibat hujan deras sekitar lokasi. Saat ini Manajemen PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Waskita Toll Road sedang melakukan peninjauan lokasi untuk memastikan penanganan dan melihat kondisi keseluruhan ruas ,” kata Corporate Secretary PT Waskita Toll Road, Alex Siwu.

Alex menuturkan area yang terdampak bencana yakni lajur I mainroad Jalan

Akibat kejadian itu informasinya ada satu unit mobil terperosok ke areal jalan yang dan hingga kini masih dalam upaya evakuasi.

Antisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan, akses arah dari Parungkuda menuju Ciawi ditutup sementara untuk menghindari potensi atau terjadinya susulan.

Maka dari itu, pihaknya meminta kepada pengendara untuk memahami aturan ini demi keselamatan.

“Pengamanan di sekitar lokasi dan di gerbang Tol Parungkuda kami perketat antisipasi adanya kendaraan yang masuk dari Jakarta/Bogor ataupun Sukabumi masuk ke jalur tersebut,” tambahnya.

Informasi yang dihimpun, kejadian longsor di KM 64-600 ini terjadi sekitar pukul 20.00 WIB setelah hujan deras melanda sekitar lokasi. 

Sebanyak 2 kendaraan terdampak longsor yang terjadi jalan tol Bogor- Ciawi-Sukabumi (Bocimi) KM 64, Rabu 3 April 2024 sekitar pukul 20.00 WIB. 

Satu kendaraan Isuzu Panther terperosok ke jurang, sedangkan truk terguling dalam kejadian tersebut.

Kapolres Sukabumi, Ajun Komisaris Besar Tony Prasetyo mengatakan, titik longsor di salah satu lajur jalan tol sehingga satu mobil minibus jenis Isuzu Panther bernomor polisi F 1764 VX mengalami kecelakaan, sehingga pengemudi dan penumpang harus dilarikan ke rumah sakit terdekat.

“Kami masih berkoordinasi dengan pengelola tol dan induk Petugas Jalan Raya Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Barat. Untuk sementara kendaraan yang menuju ke exit tol Parungkuda kami alihkan menuju exit tol Cigombong. Sesaat setelah petugas menerima kabar adanya longsor, langsung ditutup, dialihkan,” ujar Tony kepada wartawan di Sukabumi, Rabu 3 April 2024.

Tony menambahkan, tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. 

Pengendara dan penumpang mobil yang terjun ke jurang dikabarkan selamat dan tak mengalami luka parah. 

Keduanya juga sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah Sekarwangi Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

“Selain mobil Isuzu Panther, ada juga kendaraan truk yang terguling karena berusaha menghindar. Alhamdulillah pengemudinya tidak apa-apa,” kata Tony.

Ia mengatakan, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk penanganan maupun mitigasi. 

Hal tersebut dilakukan, karena ruas jalan tol ini akan sangat vital menjelang musim mudik Lebaran.

“Pada dasarnya penanganan dilakukan secara koordinatif, karena exit Cigombong masuk wilayah Polres Bogor. Kemudian ini juga akan ditangai teman-teman dari Korlantas. Sementara ini masih dalam tahap evaluasi,” ujarnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here