Sunday, 19 May 2024
HomeNasionalViral Bentrok TNI Vs Polisi di Sorong. Kapolri Pastikan Semua Sudah Kondusif 

Viral Bentrok TNI Vs Polisi di Sorong. Kapolri Pastikan Semua Sudah Kondusif 

Bogordaily.net  – Pertikaian antara vs Polisi di Sorong Papua menggegerkan publik, namun konflik itu ditegaskan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah berakhir damai.

Hal itu disampaikan Kapolri menanggapi peristiwa bentrokan antara personel Brimob Polda Papua Barat dengan personel AL Marhanlan XIV/Sorong dengan personel Brimob Polda Papua Barat di Pelabuhan Sorong, Papua Barat, Minggu (14/4/2024).

Listyo menegaskan bahwa peristiwa bentrokan tersebut sudah berakhir damai, kedua pihak sudah saling memaafkan.

“Sudah berangkulan,” kata Listyo saat berada di KM 70 Tol Jakarta – Cikampek, Jawa Barat, Senin (15/4/2024).

Senada dengan Listyo, Panglima Jenderal Agus Subianto mengatakan bahwa tidak ada lagi bentrokan yang terjadi antar dua institusi tersebut.

“Nggak ada masalah, sudah diselesaikan,” kata Agus.

Sebelumnya, lima personel -Polri menjadi korban akibat bentrokan yang terjadi antara personel AL Marhanlan XIV/Sorong dengan personel Brimob Polda Papua Barat, di Pelabuhan Sorong, Papua Barat, Minggu (14/4/2024).

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan pihaknya dalam hal ini Polda Papua Barat, dengan pihak , telah melakukan komunikasi untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

“Antar pimpinan atau komandan wilayah Polda Papua Barat dan telah bertemu untuk komunikasi dan menyelesaikan persoalan tersebut dengan baik,” kata Trunoyudo saat dikonfirmasi, Minggu.

Trunoyudo juga memastikan bahwa pihak -Polri harus tetap bersinergi demi menjaga kedaulatan bangsa.

“Polri dan selalu dan harus bersinergi dalam melakukan kegiatan,” ucapnya.

Tanggapan

Pihak TNI buka suara terkait bentrokan yang terjadi antara personel TNI AL Marhanlan XIV/Sorong dengan personel Brimob Polda Papua Barat, di Pelabuhan Sorong, Papua Barat, Minggu (14/4/2024).

Kapuspen TNI Mayjen Nugraha Gumilar mengatakan, perkelahian tersebut dipicu kesalahpahaman.

“Penyebabnya terjadi kesalah pahaman antara anggota brimob di tegur oleh anggota AL,” kata Nugraha saat dikonfirmasi, Minggu (14/4/2024).

Akibat bentrokan tersebut, sedikitnya 5 orang mengalami luka. 

Kekinian, keduanya sudah dalam perawatan di rumah sakit. 

Nugraha meminta agar para pimpinan kedua kelompok bisa saling menahan anak buahnya agar bentrok susulan tidak kembali terjadi.

“Tindakan yang dilakukan masing-masing pimpinan mengendalikan anak buahnya dan melakukan mediasi,” katanya.

Selain itu, Nugraha juga meminta agar kedua pihak melaksanakan patroli gabungan sebagai tindakan preventif agar tidak saling terprovokasi

“Selain itu melaksanakan patroli bersama sebagai tindakan preventif agar tidak terprovokasi dengan kejadian tersebut,” ucapnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here