Monday, 27 May 2024
HomeKabupaten Bogor3.789 Jemaah Haji Kabupaten Bogor Berangkat Tahun Ini

3.789 Jemaah Haji Kabupaten Bogor Berangkat Tahun Ini

Bogordaily.net – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bogor menyebut kuota jemaah calon haji asal Kabupaten Bogor tahun ini mengalami penambahan 114 orang sehingga menjadi 3.789 orang dari sebelumnya 3.675 orang.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bogor, Muslimin mengatakan bahwa, 114 jemaah calon haji ini masuk dalam kloter tambahan atau kloter 63.

“Untuk kloter tambahan ini terdiri atas warga Kota Bekasi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Pangandaran, dan 114 jamaah di antaranya dari Kabupaten Bogor,” ujar Muslimin, Senin 13 Mei 2024.

Menurutnya, sebanyak 114 jemaah calon haji asal Kabupaten Bogor yang masuk dalam kloter tambahan ini akan diberangkatkan dari Cibinong pada Minggu, 9 Juni 2024.

Keberangkatan gelombang pertama sebanyak empat kloter, yaitu kloter 04 pada 13 Mei, kloter 11 pada 16 Mei, kloter 17 pada 19 Mei, dan kloter 25 pada 23 Mei 2024.

Sebelumnya, Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosepu lakukan pelepasan terhadap 432 calon jamaah haji kloter 04 asal Kabupaten Bogor, yang berlangsung di Gedung Tegar Beriman, Minggu 12 Mei 2024.

Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengatakan beberapa hal kepada para calon jamaah haji kloter 04, pertama meminta untuk mempersiapkan diri dengan matang agar senantiasa penuh keikhlasan dalam menjalankan ibadah haji.

Kemudian selalu jaga kesehatan fisik dan mental agar mampu melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik. Serta melaksanakan ibadah haji sesuai dengan rukun, wajib, sunnah dan syarat-syarat sah lainnya.

Menurutnya, jamaah diminta jauhkan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan ibadah haji dan perbuatan yang sia-sia, tentunya yang dapat mengurangi pahala serta kekhusuan dalam beribadah.

Serta jaga selalu kekompakan, kerukunan, kebersamaan dan kembangkan sikap saling membantu satu sama lain. Tentunya untuk menjaga nama baik Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan Bangsa Indonesia.

“Ini merupakan rezeki luar biasa yang harus disyukuri karena ibadah haji adalah impian setiap muslimin dan untuk melaksanakan ibadah rukun islam yang kelima ini tidaklah mudah mengingat kuota yang terbatas. Semoga pelaksanaan ibadah haji ini berlangsung lancar, khidmat dan menjadi haji yang mabrur,” kata Asmawa.

Ia mengingatkan kepada para petugas haji karom dan karu untuk dapat menjalankan tugas mulia, membimbing, membina dan memandu jamaah haji Kabupaten Bogor dengan sebaik-baiknya, tulus serta ikhlas.***

(Albin Pandita)

Pelepasan terhadap 432 calon jamaah haji kloter 04 asal Kabupaten Bogor, yang berlangsung di Gedung Tegar Beriman, Minggu 12 Mei 2024. (Istimewa/Bogordaily.net).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here