Wednesday, 3 July 2024
HomeKota BogorCegah Pemalsuan Dokumen PPDB 2024, Pemkot Bogor Bentuk Tim Khusus 

Cegah Pemalsuan Dokumen PPDB 2024, Pemkot Bogor Bentuk Tim Khusus 

Bogordaily.net – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor membentuk untuk mencegah pemalsuan dokumen saat (PPDB) 2024.

yang melibatkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) ini akan bertugas mengawasi jalannya sistem penerimaan siswa baru, di antaranya untuk verifikasi dokumen.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor Hery Antasari menjelaskan bahwa, ini bertujuan untuk mencegah adanya pemalsuan dokumen , verifikasi dilakukan lebih awal sebelum diterima pihak sekolah.

“Panitia PPDB di sekolah harus memastikan sebelum siswa tersebut eligible terdaftar, dokumennya harus dipastikan sah dan valid,” kata Pj Wali Kota Bogor Hery Antasari, Jumat 31 Mei 2024.

Hery mengungkapkan, mekanisme PPDB pada tahun ini akan mengacu kepada Peraturan Wali Kota (Perwali) terbaru yang sebelumnya telah diterbitkan oleh Wali Kota periode 2014-2024 Bima Arya Sugiarto.

Ia menuturkan, verifikasi dokumen dengan scan atau pemindaian barcode akan digunakan untuk mengganti sistem lama, yang sebelumnya menggunakan cara manual atau lewat verifikasi secara kasat mata.

Oleh karena itu Pemerintah Kota Bogor akan mengawasi dugaan-dugaan praktek korupsi kolusi nepotisme (KKN), dan penyalahgunaan wewenang dalam proses PPDB.

“Kepada seluruh panitia penyelenggara PPDB saya memberikan amanah besar. Ingatlah bahwa amanah ini adalah amanah mulia yang menentukan masa depan penerus bangsa,” jelas Hery Antasari.

Jika ditemukan pihak-pihak yang melakukan kecurangan dalam penyelenggaraan PPDB, Hery memastikan, pelaku bakal ditindak sesuai ketentuan hukum yang berlaku oleh pihak kepolisian.(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here