Monday, 20 May 2024
HomeKota BogorHalal Bihalal IKM Bogor Raya Bertabur Kuliner Khas Minang Hingga Seni Budaya

Halal Bihalal IKM Bogor Raya Bertabur Kuliner Khas Minang Hingga Seni Budaya

Bogordaily.net Ratusan masyarakat asal Minang, Padang, Sumatera Barat memadati lapangan GOR Pajajaran, Tanah Sareal, Kota Bogor untuk menghadiri acara halal bihalal yang digelar Ikatan Keluarga Minang (IKM) Bogor Raya.

Seluruh masyarakat Minang antusias menghadiri untuk melepaskan rindunya terhadap kampung halaman dengan lagu-lagu Minang.

Kegiatan yang mengambil momen silaturahmi tahunan ini menampilkan berbagai kesenian adat Minang Sumatera Barat dan berlangsung hingga Minggu, 12 Mei 2024 mendatang. Acara juga menyajikan puluhan kuliner khas Minang, seperti pisang kapik, sate padang, dan lainnya.

Ketua DPD IKM Kota Bogor, Rizal Utami menyebut, selain silaturahmi kegiatan halal bihalal tersebut dalam upaya membantu program pemerintah dengan mendorong para pelaku Usaha Kecil Menengah Mandiri (UMKM) menjadi naik level.

“Pertama, bahwa warga Bogor yang berasal dari ranah Minang mendukung program pemerintah daerah agar suksesnya pelaku-pelaku UMKM. Sehingga dari usaha kecil menjadi naik kelas,” kata Rizal.

Di sisi lain, Rizal juga menyampaikan dalam momen halal bihalal ini, meluncurkan aplikasi keanggotaan pertama di Indonesia yang serupa dengan Instagram.

Tujuannya, kata Rizal untuk mendokumentasikan kegiatan IKM di Tanah Air, khususnya di Bogor Raya.

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan, Devi Rahman menerangkan kegiatan halal bihalal yang mengusung tema “Bagalanggang Dinanrami” (Kami Tampil di Tempat yang Ramai) ini lebih menonjolkan seni budaya.

“Tujuan utamanya adalah melestarikan seni dan budaya, kulinernya khas Minang di perantauan. Rencananya, kami juga akan ada kolaborasi budaya Minang dengan Sunda melalui tarian juga pencak silat,” tutur Devi. (Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here