Thursday, 23 May 2024
HomeOpiniHidupkan Kembali Warisan Budaya Kota Bogor Melalui Kampung Seni Edas

Hidupkan Kembali Warisan Budaya Kota Bogor Melalui Kampung Seni Edas

Bogordaily.net, yang sering disebut sebagai “Kota Hujan”, kini menjadi tuan rumah untuk sebuah destinasi wisata baru yang unik dan menarik, yakni Kampung Seni Edas.

Terletak di Kampung Wangun RW04, Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Bogor Timur, kampung ini menjadi titik fokus bagi pecinta seni dan budaya.

Inisiatif Kampung Seni Edas diinisiasi oleh Sanggar Etnika Daya Sora (Edas), yang merupakan binaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan .

Pemimpin Sanggar Edas, Ade Suarsa, menyatakan bahwa ide untuk mendirikan destinasi wisata berbasis seni ini telah menjadi impiannya sejak lama.

Kampung Seni Edas tidak sekadar menjadi tempat wisata semata, tetapi juga berfungsi sebagai pusat pelestarian budaya yang kaya akan sejarah.

, dengan warisannya yang beragam sebagai pusat pertemuan berbagai suku dan budaya, telah lama dikenal sebagai kota yang subur dengan tradisi seni.

Dari musik bambu yang merdu hingga tarian-tarian yang penuh ekspresi, Bogor telah menjadi rumah bagi beragam bentuk ekspresi budaya yang unik. Namun, seiring berjalannya waktu dan perubahan zaman, banyak dari tradisi ini mulai terlupakan.

Munculnya Kampung Seni Edas merupakan tanggapan atas kekhawatiran ini, sebuah upaya untuk memastikan bahwa kekayaan budaya ini tidak hanya dilestarikan, tetapi juga dipromosikan kepada generasi yang lebih muda dan para wisatawan yang datang dari berbagai penjuru dunia.

Lestarikan Kesenian Tradisional

Salah satu tujuan utama dari pendirian Kampung Seni Edas adalah untuk menghidupkan kembali dan melestarikan kesenian tradisional .

Selain itu, kampung ini juga bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga di Kelurahan Sindangsari, , dengan mendukung Usaha Kecil Menengah (UMKM) yang tergabung di dalamnya.

Kampung Seni Edas menawarkan berbagai bentuk kesenian khas yang tidak hanya menghibur, tetapi juga sarat akan makna.

Beberapa pertunjukan seni yang disuguhkan di Kampung Seni Edas antara lain wayang kaleng, kaulinan budak lembur, musik wekwok, dan langgir badong.

Selain itu, kampung ini juga menawarkan pameran karya seni alat musik bambu, bengkel produksi, dan kuliner tradisional .

Pengunjung Kampung Seni Edas dapat menikmati pengalaman autentik yang jarang ditemui di tempat wisata lain.

Di sini, mereka dapat menyaksikan pertunjukan wayang kaleng yang merupakan bentuk seni naratif yang menggunakan kaleng bekas sebagai media.

Pertunjukan ini tidak hanya menghibur, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai kehidupan dan kearifan lokal melalui cerita yang disampaikan.

Kaulinan budak lembur, atau permainan anak kampung, adalah aktivitas interaktif yang mengajak pengunjung untuk terlibat langsung dalam permainan tradisional.

Ini adalah cara yang menyenangkan untuk belajar tentang kehidupan sehari-hari dan permainan yang pernah populer di kalangan anak-anak di masa lalu.

Musik wekwok dan langgir badong adalah dua bentuk musik tradisional yang memikat, dengan irama yang menggugah dan melodi yang menenangkan.

Pengunjung dapat menikmati konser langsung atau bahkan berpartisipasi dalam workshop untuk belajar memainkan alat musik ini.

Kontribusi Signifikan

Kampung Seni Edas telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pelestarian budaya dan peningkatan ekonomi lokal.

Dengan adanya Kampung Seni ini, masyarakat dan wisatawan memiliki kesempatan untuk menyaksikan secara langsung beragam pertunjukan seni khas Kota Bogor.

Selain itu, kampung ini juga telah membantu meningkatkan perekonomian warga setempat dengan mendukung UMKM yang tergabung di dalamnya.

Kampung Seni Edas juga berfungsi sebagai pusat pendidikan dan pelestarian. Melalui berbagai kegiatan seperti workshop, seminar, dan pameran, pengunjung dapat belajar tentang pentingnya melestarikan budaya dan cara-cara untuk melakukannya.

Ini adalah langkah penting dalam memastikan bahwa tidak hanya bertahan tetapi juga berkembang.

Kampung Edas merupakan contoh nyata bagaimana kita dapat melestarikan sambil memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Melalui inisiatif seperti ini, kita dapat memastikan bahwa kita tetap hidup dan berkembang seiring berjalannya waktu.

Dengan mengunjungi Kampung Seni Edas, kita tidak hanya menikmati keindahan seni dan budaya Kota Bogor, tetapi juga berkontribusi pada upaya pelestarian budaya yang lebih besar.

Semoga Kampung Seni Edas dapat menjadi inspirasi bagi kota-kota lain di Indonesia untuk melakukan hal yang sama. (Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB, Deswita Zahra Andriani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here