Monday, 27 May 2024
HomeNasionalHomestay Bosowa School: Bangun Kemandirian dan Wirausaha di Desa Pentingsari

Homestay Bosowa School: Bangun Kemandirian dan Wirausaha di Desa Pentingsari

Bogordaily.net – Siswa-siswi kelas 11 dari , yang terdiri dari , , dan , serta 14 guru pendamping, mengadakan homestay di Desa Pentingsari dari 30 April hingga 9 Mei 2024.

Mereka belajar membuat jamu tradisional dan mengenal Usaha Mikro Kecil Menengah () setempat.

Dalam kegiatan tersebut, siswa-siswi harus belajar mandiri karena mereka beberapa hari harus jauh dengan orangtua, mereka juga harus berkenalan dengan induk semang yang akan menjadi orangtua selama berada di homestay.

Selain itu, mereka belajar berwirausaha dengan mengunjungi berbagai di Desa Pentingsari, seperti produksi susu ternak, wedang rempah, amplang lele, kopi Merapi, tempe, dan jamur crispy.

Hal itu dilakukan sambil menjalankan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Bhinneka Tunggal Ika.

Digelar 6 Hari

Selama 6 hari di Desa Wisata Pentingsari sangatlah mengesankan, siswa-siswi juga merasa nyaman dengan keramahan warga desa. Namun kegiatan harus diakhiri sesuai waktu, tibalah waktunya penutupan kegiatan.

Eko Ariyanto selaku PIC bersama Sugiwanto dari Desa Pentingsari menutup acara tersebut.

“Pertemuan ini bukan pertemuan yang terakhir kalinya. Kami berharap masih datang ke sini lagi,” ungkap Pak Sugiwanto, perwakilan Desa Pentingsari.

“Kami merasakan kehangatan saat anak-anak hadir di kami terutama saat anak-anak memakmurkan masjid Al Huda Pentingsari. Serasa seperti bulan Ramadan,” tambahnya.

Eko Ariyanto, PIC , menyatakan, “Kita harus bangga dengan Desa Pentingsari karena bisa menghambat laju urbanisasi. Mereka tidak perlu ke kota untuk mendapatkan pekerjaan yang layak karena di desanya mereka sudah mampu mencapai kesejahteraan sendiri.”

Setelah iitu, panitia menampilkan wayang Punokawan dari kelompok seni desa, serta menonton video dokumentasi selama kegiatan di desa tersebut.

Setelah dari Desa, rombongan menginap di hotel Sahid Raya Yogyakarta untuk persiapan kunjungan ke Universitas Negeri Yogyakarta serta tempat wisata lokal seperti Heha Sky View dan Heha Ocean.

Para siswa-siswi membawa pulang pengalaman dan pengetahuan baru untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari mereka dan mempertahankan semangat kewirausahaan yang telah mereka tanamkan selama homestay.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here