Monday, 27 May 2024
HomeNasionalMengenal Hanif Ardia Husna, Haji Termuda yang Daftar Sejak Kelas 3 SD

Mengenal Hanif Ardia Husna, Haji Termuda yang Daftar Sejak Kelas 3 SD

Bogordaily.net dari Kelurahan Kertosari, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, menjadi calon jamaah di kabupaten tersebut pada musim haji tahun ini di usia 22.

Hanif menceritakan bahwa keinginannya untuk menunaikan ibadah haji telah tumbuh sejak usia yang sangat belia, tepatnya ketika berusia 9 tahun atau masih duduk di bangku kelas 3 SD.

Saat itu, orangtuanya dengan penuh keikhlasan mendaftarkannya untuk menunaikan ibadah haji.

“Alhamdulillah tahun ini bisa berangkat, usia saya 22 tahun,” ungkap Hanif kepada wartawan dengan penuh rasa syukur.

Namun, perjalanan Hanif tidaklah sendiri. Bersama dengan seluruh keluarganya, tahun ini adalah kali pertama mereka berlima akan menunaikan ibadah haji bersama-sama.

“Tahun ini semua berangkat haji, total ada 5 orang, dua orang tua saya dan dua kakak saya serta ditambah saya,” tuturnya sambil tersenyum.

Meskipun masih menjalani studi di semester 6, Hanif merasa penting untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk menunaikan ibadah haji.

Untuk itu, ia harus cuti kuliah selama satu semester, mulai dari bulan Januari 2024. Persiapan pun dilakukan dengan serius, baik dari segi kesehatan maupun kesiapan spiritual.

Menjaga daya tahan tubuh dengan menjaga pola makan, berolahraga secara teratur, dan menjalani vaksinasi merupakan bagian dari persiapan Hanif.

“Tahunya akan berangkat haji ini sudah sejak 1 tahun yang lalu. Makanya, sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari,” tambahnya.

Perjalanan Hanif ini bukanlah kali pertamanya menginjakkan kaki di tanah suci. Sebelumnya, pada tahun 2011, ia telah bersama keluarganya melaksanakan umrah. Setelah itu, tekadnya untuk menunaikan haji semakin bulat.

“Jadi pulang umroh 2011 lalu, langsung niatnya , sama bapak didaftarkan semuanya,” jelasnya.

Keberangkatan Hanif bukan hanya sekadar perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan spiritual yang mendalam.

Semangatnya dalam mengejar ibadah di usia muda menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya, untuk menggapai mimpi dan mengejar tujuan hidup dengan penuh dedikasi dan keikhlasan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here