Saturday, 27 July 2024
HomeNasionalNasib Jemaah Pasca Pesawat Garuda Jemaah Haji Terbakar Saat Lepas Landas

Nasib Jemaah Pasca Pesawat Garuda Jemaah Haji Terbakar Saat Lepas Landas

Bogordaily.net  – Pesawat Garuda jemaah haji terbakar jadi kabar buruk di awal musim haji tahun 2024.

Momen mencekam itu mewarnai penerbangan 450 jemaah haji asal Sulawesi Selatan (Sulsel) terjadi sore ini.

dengan nomor penerbangan GA-1105 yang mengangkut mereka terbakar di udara.

Memaksa pilot untuk melakukan pendaratan darurat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Kronologis 

Peristiwa ini terjadi tak lama setelah pesawat lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sekitar pukul 15.30 WITA.

Asap dan percikan api terlihat dari salah satu mesin pesawat, memicu kepanikan para jemaah haji.

Dengan sigap, pilot mengambil keputusan untuk kembali ke bandara Makassar. Guna memprioritaskan keselamatan seluruh penumpang.

Pesawat GA-1105 mendarat dengan selamat di landasan pacu Bandara Sultan Hasanuddin pada pukul 17.15 Wita.

Kondisi Jemaah Haji Pasca Peristiwa 

Seluruh jemaah haji dikabarkan selamat dan tidak mengalami luka serius. 

Mereka kemudian diantar kembali ke Asrama Haji Sudiang untuk menunggu penerbangan pengganti.

Penyebab Pesawat Garuda Jemaah Haji Terbakar 

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menyampaikan permohonan maaf atas insiden ini dan menjelaskan bahwa langkah RTB (Return to Base) diambil sebagai tindakan preventif untuk memastikan keselamatan penerbangan.

“Percikan api pada salah satu engine pesawat mendorong pilot untuk mengambil langkah cepat RTB demi keselamatan seluruh penumpang,” ujar Irfan dalam keterangan tertulis.

Pesawat yang terbakar tersebut dioperasikan dengan armada B747-400 dan dijadwalkan membawa para jemaah haji ke Madinah.

Irfan memastikan Garuda Indonesia akan melakukan investigasi menyeluruh terkait penyebab kebakaran dan mempercepat proses pemberangkatan jemaah haji dengan pesawat pengganti.

Kejadian ini menjadi pengingat pentingnya aspek keselamatan dalam penerbangan, terutama bagi para jemaah haji yang hendak melaksanakan ibadah di Tanah Suci.

Return to Base (RTB)

Garuda Indonesia menyatakan pesawat GA-1105 pada Rabu, rute Makassar-Madinah, yang merupakan penerbangan haji Kloter 5 embarkasi Makassar, memutuskan untuk terbang kembali ke bandara keberangkatan atau Return to Base (RTB) guna memitigasi risiko aspek keamanan operasional.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam penjelasannya, mengatakan keputusan RTB tersebut diambil oleh Pilot in Command (PIC) segera setelah pesawat lepas landas dengan mempertimbangkan kondisi kendala mesin (engine) pesawat yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut, setelah diketahui adanya percikan api pada salah satu mesin.

“Atas kondisi itu, engine pesawat diharuskan menjalani prosedur pengecekan secara menyeluruh sebagai bagian dari upaya memastikan kesiapan armada untuk dapat kembali beroperasi,” ujar dia, Rabu 15 Mei 2024.

Irfan mengatakan penerbangan tersebut telah mendarat dengan selamat di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar pada pukul 17.15 waktu setempat (LT), dan seluruh penumpang sedang diarahkan kembali menuju asrama untuk menunggu kesiapan pesawat pengganti.

Seluruh penumpang pesawat, kata Irfan, tiba di bandara dalam keadaan selamat dan baik, dan akan kembali diberangkatkan secepatnya mengacu pada kesiapan pesawat pengganti.

“Proses pendampingan jamaah menuju asrama turut melibatkan stakeholder kebandarudaraan terkait guna memastikan aspek keselamatan dan kenyamanan para penumpang terjaga dengan baik,” kata dia.

Sebelumnya, GA-1105 yang dioperasikan dengan armada B747-400 diberangkatkan dari Bandara Sultan Hasanuddin pada pukul 15:30 LT dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdulaziz, Madinah pada pukul 21.10 LT. Penerbangan tersebut mengangkut sedikitnya 450 penumpang, yang merupakan rombongan calon jamaah haji asal embarkasi Makassar, serta 18 awak pesawat.

Irfan menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi kepada seluruh jemaah haji pada penerbangan tersebut dan juga Kementerian Agama RI selaku penyelenggara haji.

“Garuda Indonesia tengah melakukan koordinasi intensif kepada pihak-pihak terkait guna memastikan tindak lanjut penanganan jamaah untuk dapat kembali melanjutkan perjalanan,” kata dia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here