Thursday, 23 May 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor Dukung Pengembangan IPB University di Dramaga dan Jonggol 

Pemkab Bogor Dukung Pengembangan IPB University di Dramaga dan Jonggol 

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor siap mendukung rencana pengembangan di wilayah Kecamatan Dramaga dan Jonggol. Pengembangan wilayah ini akan berdampak kepada peningkatan akses masyarakat terhadap pelayanan. 

mendorong pengembangan wilayah ini bisa diwujudkan agar dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan. Karena kondisi jangkauan Pemkab Bogor saat ini sangat luas, yakni 40 kecamatan. Diharapkan dengan adanya pengembangan akan terbangun infrastruktur yang berdampak positif untuk masyarakat,” kata Asmawa Tosepu, Kamis 2 Mei 2024.

Menurutnya, Kabupaten Bogor terbagi atas tiga wilayah pengembangan, salah satunya wilayah pengembangan barat yang terdiri dari 14 kecamatan termasuk Dramaga. Hal ini tertuang dalam RPJP dan RTRW Kabupaten Bogor.

“Dalam Raperda RTRW Kabupaten Bogor yang saat ini sedang dalam tahap penetapan, Kecamatan Dramaga merupakan pusat pelayanan kawasan yang menjadi satelit dari pusat kegiatan lokal Leuwiliang dan ditetapkan sebagai kawasan strategis Town,” jelas Asmawa.

Ia mengatakan, Pemkab Bogor siap mendukung pengembangan di wilayah Dramaga dan Jonggol. Kalau kemudian harus ada mekanisme kerjasama antara IPB dan Pemkab Bogor, itu adalah hal normatif yang harus dilalui.

“Intinya kebijakan Pemkab Bogor insya Allah akan berpihak dari rencana pengembangan IPB itu sendiri. Karena adalah perguruan tinggi kebanggaan, bukan hanya bagi Kabupaten Bogor tetapi bagi Indonesia,” imbuhnya.

Selanjutnya, Rektor , Arif Satria menerangkan, saat ini kami berencana membangun Town di Dramaga dan pengembangan di wilayah Jonggol. IPB memiliki lahan di Kecamatan Jonggol atau di wilayah Kabupaten Bogor Timur. Ke depan di Jonggol ini akan dijadikan kampus IPB.

“Saat ini kami masih butuhkan adalah dari sisi akses jalannya, maka kami mohon dukungan dari pemerintah,” ujar Arif Satria.

Arif menambahkan, pembangunan kawasan Town ini konsepnya yang pertama adalah sebagai tempat untuk pendidikan, kedua tempat penelitian, ketiga tempat untuk wisata, keempat tempat bisnis, dan kelima tempat pemberdayaan.

Sementara itu, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia, Herry Trisaputra Zuna mengungkapkan, terkait rencana pengembangan Town ini membangun sebuah ekosistem yang terintegrasi yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Tinggal bagaimana program pemerintah bisa dikolaborasikan dengan rencana tersebut, diantaranya pembangunan infrastruktur jalan yang memadai, untuk jalan nasional menjadi kewajiban pemerintah pusat, dan jalan eksisting dikerjakan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor,” ungkap Herry Trisaputra.***

(Albin Pandita)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here