Monday, 20 May 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor & Pemprov Jabar Percepat Tangani Rumah Warga Korban Ledakan Gudang...

Pemkab Bogor & Pemprov Jabar Percepat Tangani Rumah Warga Korban Ledakan Gudang Amunisi 

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berkolaborasi melakukan percepatan penanganan ledakan gudang amunisi dan permasalahan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Nambo.

Dalam hal ini Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu dan Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Herman Suryatman lakukan kunjungan langsung ke rumah warga terdampak, pada Kamis 9 Mei 2024.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar, Herman Suryatman mengungkapkan, kunjungan langsung lapangan dilakukan mempercepat penanganan sosial akibat bencana ledakan Gudang Peluru milik Kodam Jaya di Kawasan Gunung Putri beberapa waktu lalu.

“Insya Allah minggu depan akan mulai konsen untuk menyelesaikan perbaikan rumah-rumah yang terdampak. Untuk permukiman umum, jumlah rumah yang terdampak ada 45 rumah,” kata Suryatman.

“Barusan sudah disepakati, berkas sudah diserahkan dari Kepala Desa kepada Pj. Bupati Bogor melalui DPKPP disaksikan juga oleh Pak Camat Gunung Putri,” tambahnya.

Adapun komitmen dari sangat luar biasa, akan diproses sampai hari minggu, dan hingga Senin sudah di kelola oleh BPKAD, dan paling telat mudah-mudahan hari Selasa bisa cair.

Sehingga nantinya masyarakat yang 24 rumah mulai hari Selasa bisa menyelesaikan kerusakan sesuai dengan situasi kondisi masing-masing.

Lebih lanjut Sekda Jabar mengatakan, untuk permukiman klaster terdapat 172 rumah yang terdampak. Setelah dilakukan pengecekan ada 40 rumah yang sudah dilakukan asesmen. Untuk yang 132 rumah sisanya sedang dilakukan asesmen sampai dengan hari Minggu nanti.

Menurutnya, terdapat waktu tiga hari yakni Jumat, Sabtu, Minggu, dan insya Allah yang 134 rumah, ditambah yang sudah di asesmen 40 rumah, akan disampaikan ke BPKAD, diproses nanti melalui BPBD untuk mendapatkan support dari Bantuan Tidak Terduga (BTT) tentu sesuai dengan ketentuan, karena harus akuntabel.

“Mudah-mudahan paling telat hari Rabu, 172 rumah, bantuan sudah bisa didistribusikan, dan barusan kami juga sudah sepakat dengan perwakilan dari 172 rumah yang mengikuti kesepakatan, semoga hari Rabu bisa didistribusikan ke semua pemilik rumah yang terdampak, sehingga bisa langsung dieksekusi,” imbuhnya.

Ia menambahkan, sinergi antara Pemprov Jabar dan ini adalah ikhtiar dan komitmen untuk menyelesaikan persoalan ini dengan optimal.

“Tentu kami dari Pemprov Jabar menyampaikan permohonan maaf, tapi yang jelas kami akan bergerak cepat dan cermat. Pemprov Jabar harus ada di tengah-tengah masyarakat,” ungkap Suryatman.***

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here