Wednesday, 22 May 2024
HomeViralPeti Jenazah Dipajak Bea Cukai 30 Persen, Viral!

Peti Jenazah Dipajak Bea Cukai 30 Persen, Viral!

Bogordaily.net lagi-lagi dikeluhkan soal pajak yang dianggap aneh, terbaru adalah pajak peti mati yang viral karena harus bayar 30 persen.

Kabar ini disampaikan seorang netizen melalui akun X (dulu Twitter) curhat ayah temannya yang meninggal di Penang, Malaysia, harus bayar 30% dari harga peti jenazah.

Menurut dia, pihak menganggap peti mati sebagai barang mewah

Pihak Direktorat Jenderal (Ditjen) Kementerian Keuangan pun merespons curhatan tersebut lewat akun X @beacukaiRI.

“Dalam hal pengiriman peti jenazah dari luar negeri ke Indonesia dapat kami pastikan TIDAK DIPUNGUT bea masuk & pajak dalam rangka impor (PDRI),” ujar pihak dikutip, Minggu (12/5/2024).

“Pengiriman peti jenazah dari luar negeri diberikan pembebasan bea masuk & PDRI serta fasilitas RUSH HANDLING atau PELAYANAN SEGERA,” sambung pihak lagi.

Bantahan

Ditjen pun menepis telah terjadi permintaan biaya 30% seperti yang dikeluhkan netizen tersebut.

“Atas Tweet tersebut yang menyatakan bahwa importasi peti jenazah & jenazah yang dialami temannya dipungut bea masuk sebesar 30%, dipastikan tidak benar,” kata pihak .

Bahkan, menurut , setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut tidak ada sama sekali pemungutan maupun penagihan dari petugas.

“Setelah kami trace terkait pengiriman peti jenazah dan jenazah dari Penang, Malaysia, tidak ada yang dipungut/ditagih bea masuk ataupun pajak impor, ” jelas pihak Bea Cukai.

Terakhir pihak Bea Cukai menambahkan pembebasan Bea Masuk diatur dalam Keputusan Menteri Keuangan nomor 138/KMK.05/1997, tentang Pembebasan Bea Masuk Atas Impor atau Kemasan Lain yang Berisi Jenazah atau Abu Jenazah & diberikan fasilitas RUSH HANDLING terhadap importasi jenazah & peti jenazah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here