Tuesday, 18 June 2024
HomeKota BogorPodcast Kesehatan RSUD Kota Bogor: Bahas Akses Vaskular untuk Hemodialisa dan Kemoterapi

Podcast Kesehatan RSUD Kota Bogor: Bahas Akses Vaskular untuk Hemodialisa dan Kemoterapi

Bogordaily.net akan menggelar acara Podkes atau podcast kesehatan bertema ‘Akses Vaskular untuk Hemodialisa dan Kemoterapi'.

Podcast kesehatan ini akan dilaksanakan secara live streaming melalui kanal Youtube @RSUD KOTABOGOR DAILY.

Kamu bisa mengikuti podcast Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor pada Rabu 15 Mei 2024. Mulai pukul 13.00 WIB sampai selesai.

Podcast kesehatan tersebut akan diisi oleh narasumber yang ahli dalam bidang kesehatan yaitu dr. Budhi Arifin Noor,. Sp.B.Subsp.BVE(K) (pembicara) dan dr. Ayu Trisna Annisa (moderator).

Baca Juga: Podcast Kesehatan RSUD Kota Bogor Bahas Tentang Asma, yuk Sakikan

Seperti yang diketahui, akses vaskular adalah suatu alat yang memudahkan untuk mengambil atau memasukan obat secara langsung ke pembuluh darah.

Akses vaskular digunakan pada pasien yang rutin dilakukan tindakan pada pembuluh darahnya. Antara lain pasien dengan gagal ginjal yang memerlukan cuci darah (hemodialisa) atau pasien kanker yang memerlukan kemoterapi.

Pasien-pasien tersebut perlu diambil darah, dimasukan obat secara rutin. Akses vaskular membantu untuk tindakan pengambilan darah, memasukan obat kemoterapi, cuci darah.

Akses vaskular pada pasien dengan kanker biasa disebut chemoport. Chemoport dipasang pada pembuluh darah vena di leher.

Alat ini sangat membantu untuk kemoterapi yang rutin dijalani pasien, karena pasien tidak perlu ditusuk berulang-ulang dan risiko pecah pada pembuluh darah berkurang karena menggunakan pembuluh darah besar. (Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here