Thursday, 23 May 2024
HomeNasionalProfil Rektor UNRI, Sri Indarti yang Sedang Jadi Sorotan

Profil Rektor UNRI, Sri Indarti yang Sedang Jadi Sorotan

Bogordaily.net – Profil Universitas Riau (Unri) Sri Indarti jadi sorotan publik setelah melaporkan mahasiswanya sendiri ke polisi. 

Mahasiswa tersebut sebelumnya mengkritik uang kuliah yakni Iuran Pembangunan Institusi (IPI).

Kronologis 

Mulanya, sang mahasiswa mengkritik kebijakan Unri yang memberlakukan IPI untuk beberapa program studi (prodi).

Mahasiswa tersebut menerangkan, biaya IPI yang bervariasi pada setiap prodi tidak masuk akal dan memberatkan mahasiswa Unri lainnya.

Setelah menerima kritikan dari mahasiswanya tersebut, Sri Indarti pun langsung melaporkannya ke pihak kepolisian.

Profil Sri Indarti

Prof Dr Hj Sri Indarti S.E, M.Si lahir di Sungai Salak, Indragiri Hilir pada 9 April 1965.

pertama wanita di Universitas Riau (Unri) tersebut pernah menduduki jabatan sebagai Sekretaris Jurusan Manajemen tahun 2001-2003.

Sri Indarti juga diketahui pernah mengenyam pendidikan di SMP Negeri 1 Rengat. 

Sedari SMP kelas 1, Sri Indarti sudah terbiasa hidup mandiri karena jauh dari orang tuanya.

Setelah lulus SMP, Sri Indarti kemudian melanjutkan pendidikan ke SMA Negeri 8 Pekanbaru.

Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan di jurusan Manajemen FEB Unri dan berhasil lulus pada tahun 1987. 

Satu tahun menyandang gelar sarjana, ia kemudian mengabdikan diri pada almamaternya dengan menjadi dosen di jurusan Manajemen FEB Unri tahun 1988.

Sri pun menikah dan mempunyai dua orang anak. 

Namun, meskipun sudah mempunyai anak Sri tetap haus akan pendidikan dan kemudian menempuh pendidikan S2 di Universitas Andalas tahun 1994 dan berhasil lulus di tahun 1997.

Pada tahun 2010, ia berhasil menyelesaikan pendidikan S3 di almamater berbeda yakni Universitas Brawijaya.

Setelah itu, Sri Indarti kemudian sempat masuk ke dalam daftar sosok yang dicalonkan menjadi Pj Gubernur Riau sisa masa jabatan 2019-2024.

Ia direkomendasikan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Riau dan Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR). Usulan tersebut kemudian diserahkan ke DPRD Riau.

Klarifikasi Unri 

Wakil Universitas Riau (Unri) Bidang Akademik, Dr Mexsasai Indra menerangkan tentang polemik kasus Prof Sri Indarti yang melaporkan mahasiswanya ke polisi karena mengkritik biaya kuliah yang mahal.

Mexsasai menyebut laporan itu ditujukan untuk akun media sosial yang mengunggah video, bukan pada mahasiswa yang diketahui bernama Khariq Anhar.

Mexsasai menyebut Sri Indarti membawa persoalan tersebut ke ranah hukum karena tidak mengetahui siapa admin akun Instagram Aliansi Mahasiswa Menggugat yang mengunggah video yang menyebutnya ‘Broker Pendidikan' tersebut.

Hal ini diketahui dan disampaikan oleh Sri Indarti saat dimintai keterangan oleh Dirjen Dikti Kemendikbud Ristek, Abdul Haris. Mantan Dekan Fakultas Ekonomi tersebut kemudian menjelaskan duduk perkaranya.

“Terkait perkembangan kebijakan penerapan IPI dan UKT ini ada rapat koordinasi pimpinan perguruan tinggi se-Indonesia yang dikoordinir oleh pak Dirjen Dikti. Tadi bu diminta menyampaikan terkait permasalahan di Unri yang beredar di media secara nasional,” kata Mexsasai, Kamis (9/5/2024) seperti diberitakan suara com.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here