Tuesday, 18 June 2024
HomeNasionalPerkuat Komitmen Pembangunan Berkelanjutan, Solusi Bangun Indonesia Pabrik Narogong Raih TOP CSR...

Perkuat Komitmen Pembangunan Berkelanjutan, Solusi Bangun Indonesia Pabrik Narogong Raih TOP CSR Awards 2024

Bogordaily.net – Komitmen PT Tbk (SBI) Pabrik Narogong, anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk – SIG, terhadap pembangunan berkelanjutan kembali mendapat pengakuan dari Majalah Top Business dalam ajang Top di Hotel Raffles, Jakarta, 29 Mei 2024.

Pada gelaran kali ini, meraih penghargaan Top Leader on CSR Commitment serta Top CSR # Star 4 untuk program KORSA BUMI, yang diterima oleh General Manager , Muhamad Istifaul Amin.

Muhamad Istifaul Amin menyampaikan, perusahaan terus mendorong peningkatan penerapan prinsip-prinsip keberlanjutan pada seluruh proses bisnis, untuk mencapai keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, perlindungan lingkungan dan kesejahteraan sosial.

“Komitmen ini sejalan dengan langkah dan strategi perusahaan untuk membuka jalan menuju masa depan yang lebih baik. Dengan demikian, pembangunan dan kemajuan yang dicapai tidak hanya bermanfaat saat ini, tetapi juga bagi generasi mendatang”, kata Muhammad Istifaul Amin.

Ia menambahkan, bahwa sustainable development telah menjadi competitive advantage SBI dalam menghadirkan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan melalui solusi dan layanan berkelanjutan untuk berbagai kebutuhan pembangunan.

Pemberdayaan masyarakat melalui program kemitraan untuk pengembangan usaha mikro, turut berkontribusi dalam keberhasilan KORSA BUMI mempercepat kemandirian perekonomian di sekitar .(Istimewa/Bogordaily.net)

Fokus Pada Kesejahteraan Masyarakat dan Lingkungan

Komitmen dalam pencapaian target pembangunan berkelanjutan 2030 diwujudkan melalui berbagai implementasi program CSR, di mana salah satunya melalui program KORSA BUMI (Kooperasi Peduli Bumi) sebagai solusi pengembangan masyarakat yang berbasis pemberdayaan sosial ekonomi dan kepedulian lingkungan.

Lahir dari keprihatinan yang terjadi di lingkungan masyarakat sekitar akibat terjerat hutang bank keliling, KORSA BUMI mampu mengatasi permasalahan tersebut sekaligus membuka akses pembiayaan bagi para pelaku usaha mikro serta mendukung percepatan kemandirian perekonomian di sekitar .

“Ini bukan hanya untuk kepentingan pengembangan program bagi masyarakat sekitar, namun bagaimana kami juga ingin membangun budaya perubahan dengan menginisiasi praktik-praktik keberlanjutan di setiap lapisan masyarakat,” tutur Nur Lailiyah, General Affairs & Community Relations .

Nur Lailiyah menambahkan, selain inovasi di sektor ekonomi dan sosial, KORSA BUMI juga turut menginisiasi kegiatan kepedulian lingkungan melalui program Serbu Pacu (Sedekah Seribu Pohon Untuk Anak Cucu), sebuah gerakan penanaman minimal 1.000 pohon yang melibatkan berbagai elemen masyarakat dan pemangku kepentingan dalam rangka mitigasi efek gas rumah kaca (global warming).

Kegiatan penanaman pohon – Serbu Pacu (sedekah seribu pohon untuk anak cucu) menjadi salah satu bagian dari Program KORSA BUMI yang berlandaskan kepedulian terhadap lingkungan.(Istimewa/Bogordaily.net)

“Di samping mengelola proses bisnis, kita tetap perlu memperhatikan langkah-langkah konkret dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan mewariskannya kepada anak cucu dalam kondisi yang lebih baik,” ujarnya.

Hingga saat ini, jumlah penerima manfaat dari program KORSA BUMI telah mencapai lebih dari 8.000 peserta dan akan terus ditingkatkan seiring dengan implementasi program keberlanjutan dari SBI Pabrik Narogong ke depannya.

Tentang PT Tbk

PT Tbk adalah sebuah perseroan terbuka yang mayoritas sahamnya (83,52%) dimiliki dan dikelola oleh SIG.

Perseroan menjalankan usaha yang terintegrasi dari semen, beton siap pakai, agregat dan layanan pengelolaan limbah yang mengoperasikan empat pabrik semen di Narogong (Jawa Barat), Cilacap (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur), dan Lhoknga (Aceh), dengan total kapasitas 14,8 juta ton semen per tahun, dan mempekerjakan lebih dari 2.000 orang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here