Monday, 17 June 2024
HomeNasionalTips Duduk Sehat Saat Bekerja Menurut dr Herman Gofara

Tips Duduk Sehat Saat Bekerja Menurut dr Herman Gofara

Bogordaily.net – Simak duduk sehat saat bekerja menurut yang perlu diperhatikan agar tubuh tetap fit.

Seperti diketahui dalam era modern ini, banyak pekerja kantoran yang menghabiskan sebagian besar waktunya duduk di depan komputer.

Namun, gaya hidup seperti ini dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, terutama pada tulang belakang dan postur tubuh.

Melalui ungguhan Instagram @rsmurniteguhsudirmanjakarta yang berkolaborasi @lifearkpn. Untuk mengatasi hal tersebut, dr. Herman Gofara, Sp. OT (K) Spine memberikan beberapa penting mengenai cara duduk yang baik dan benar saat bekerja.

Posisi Badan Tegak Lurus

Dr. Herman menekankan pentingnya menjaga posisi badan tetap tegak lurus saat duduk.

Posisi ini membantu menjaga kurva alami tulang belakang dan mencegah timbulnya nyeri punggung.

“Pastikan punggung Anda menyentuh sandaran kursi dengan baik. Sandaran kursi yang ergonomis akan sangat membantu dalam menjaga postur tubuh yang baik,” ujarnya.

Kaki Lurus Tidak Menggantung

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan adalah membiarkan kaki menggantung saat duduk.

Menurut dr. Herman, kaki harus berada dalam posisi lurus dan menapak dengan baik di lantai.

“Jika kaki Anda tidak mencapai lantai, gunakan penyangga kaki. Kaki yang menggantung dapat menyebabkan tekanan berlebih pada paha dan pembuluh darah, yang bisa berujung pada gangguan sirkulasi,” jelasnya.

Sudut 90 Derajat Antara Badan dan Kaki

Posisi badan dan kaki harus membentuk sudut 90 derajat. Dr. Herman menjelaskan bahwa sudut ini membantu mendistribusikan beban tubuh secara merata dan mengurangi tekanan pada tulang belakang.

“Jika posisi duduk Anda tidak membentuk sudut 90 derajat, itu bisa menyebabkan ketegangan pada otot dan tulang,” tambahnya.

Posisi Siku 90 Derajat dengan Meja

Ketinggian meja atau tempat kerja juga sangat penting. Dr. Herman menyarankan agar posisi siku saat bekerja harus membentuk sudut 90 derajat.

“Posisi siku yang benar akan mengurangi beban pada lengan dan bahu. Jika siku Anda terlalu tinggi atau terlalu rendah, itu akan menyebabkan ketegangan dan nyeri pada lengan,” katanya.

Dengan menerapkan tersebut, diharapkan para pekerja kantoran dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih nyaman dan sehat, serta mengurangi risiko gangguan pada tulang belakang dan postur tubuh.***

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here