Saturday, 20 July 2024
HomeNasional6 Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lama

6 Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lama

Bogordaily.net – Momen Idul Adha 2024, penting untuk mengetahui cara menyimpan di kulkas agar daging tersebut tetap tahan lama dan berkualitas. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan dengan benar.

1. Cuci Tangan

Sebelum menangani daging segar, pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu. Melansir laman Halodoc, kuman dan mikroba penyebab penyakit dapat dengan mudah berpindah ke daging jika tangan Anda kotor.

Oleh karena itu, selalu cuci tangan sebelum menyentuh daging segar dan sebelum meletakkannya di tempat penyimpanan.

2. Hindari Tempat Kotor

Jangan meletakkan daging di tempat yang kotor, seperti wadah kotor atau di tanah. Jika daging terkontaminasi, bakteri akan berkembang biak dengan cepat dan membuat daging cepat membusuk.

3. Simpan Tanpa Dicuci

Jika Anda menerima dalam keadaan kotor, sebaiknya segera cuci bersih dan masak. Namun, jika daging diterima dalam kondisi bersih, simpanlah di kulkas tanpa mencucinya terlebih dahulu. Saat akan dimasak, baru daging tersebut dicuci.

4. Marinasi Daging

Untuk membuat daging lebih tahan lama, Anda bisa memarinasi atau membumbui daging sebelum disimpan di dalam freezer.

Gunakan bumbu seperti kunyit, garam, gula, dan bawang yang mengandung zat antibakteri alami. Bumbu-bumbu ini dapat membantu membunuh bakteri pada daging.

5. Simpan di Wadah Tertutup

Daging mentah tanpa pengawet biasanya hanya bertahan selama tiga hari di kulkas. Oleh karena itu, simpanlah daging dalam wadah kedap udara atau pembungkus yang rapat. Jangan lupa memberi label tanggal pada wadah sebelum disimpan di freezer.

6. Jangan Bekukan Lagi Daging

Setelah daging dikeluarkan dari kulkas, pastikan untuk langsung mengolahnya. Menurut NHS, membekukan kembali daging mentah yang sudah dicairkan akan menurunkan kualitasnya dan membuatnya cepat busuk.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan tetap awet dan berkualitas selama penyimpanan di kulkas.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here